In-depth

Duel Antarlini Manchester United vs AS Roma di Liga Europa: Tim Tamu Tertekan

Kamis, 29 April 2021 12:34 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Europa League
Manchester United dan AS Roma akan bertarung pada laga leg pertama semifinal Liga Europa 2020-2021 di Stadion Old Trafford, Jumat (30/04/21) dini hari WIB. Copyright: © Europa League
Manchester United dan AS Roma akan bertarung pada laga leg pertama semifinal Liga Europa 2020-2021 di Stadion Old Trafford, Jumat (30/04/21) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Manchester United dan AS Roma akan bertarung pada laga leg pertama semifinal Liga Europa 2020-2021 di Stadion Old Trafford, Jumat (30/04/21) dini hari WIB. 

Bertanding di stadion Old Trafford, tuan rumah Manchester United bertekad lanjutkan tren positif mereka yang belum terkalahkan sepanjang gelaran Liga Europa 20/21.

Tercatat, anak asuh Ole Gunnar Solskjaer tersebut sudah jalani enam pertandingan di Liga Europa dengan hasil empat kemenangan dan dua hasil seri. Teranyar, mereka sukses menang dua gol tanpa balas saat menjamu Granada di leg kedua perempat final pada pertengahan April lalu.

Tak cuma di Liga Europa, penampilan impresif Manchester United juga terlihat di kompetisi Liga Inggris, di mana mereka belum lagi tersentuh kekalahan sejak 27 Januari awal tahun lalu.

Melihat dari statistik tersebut, jelas bakal jadi alarm bahaya buat AS Roma. Selain jalani laga tandang ke tim yang sedang on fire, Serigala Ibukota juga harus menghapus trauma pembantaian 7-1 dari Man United 14 tahun lalu.

Sebagai informasi, AS Roma pernah alami mimpi buruk saat bertemu Manchester United. Tepatnya pada leg kedua perempatfinal Liga Champions 06/07. Dalam pertandingan yang berlangsung di markas Setan Merah itu, AS Roma dipecundangi hingga tujuh gol.

Lalu, pada laga semifinal kali ini, bagaimana kira-kita kedua tim bakal bertarung? Berikut kami siapkan ulasan duel antarlini kedua tim. 

FORMASI
Manchester United (4-2-3-1)
AS Roma (3-4-2-1)

KIPER

Untuk posisi kiper, kedua tim bisa menurunkan pemain terbaik mereka. Di kubu Man United bercokol nama David de Gea. 

Sementara di tim tamu, AS Roma, pelatih Paulo Fonseca akan menurunkan Pau Lopez. Sektor penjaga gawang bukanlah kekuatan utama kedua tim. 

Meski begitu, baik De Gea maupun Pau Lopez cukup bisa diandalkan. Tim Man United sendiri baru kembali ke pelukan David de Gea setelah sebelumnya lebih percaya kepada Dean Henderson. 

Sepanjang musim ini De Gea telah tampil di 31 pertandingan dan sudah kebobolan 37 gol. Meski begitu, ia mencatatkan 12 clean sheet. Angka yang terbilang lumayan. 

Sedangkan Pau Lopez sudah tampil di 33 laga dan kebobolan sama dengan De Gea, 37 gol. Pau hanya mencatatkan 9 clean sheet. 

BEK

Untuk barisan belakang kedua tim menganut formasi yang berbeda. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer menggunakan empat bek, sementara Paulo Fonseca memasang tiga bek. 

Empat bek yang kemungkinan besar akan diturunkan oleh Solskjaer adalah Luke Shaw (kiri), Harry Maguire (tengah), Eric Bailly (tengah), dan Wan-Bissaka (kanan). 

Sejauh ini barisan pertahanan Man United tampil cukup lumayan di Liga Inggris. Mereka menjadi tim ketiga dengan angka kebobolan paling sedikit di liga. 

Sementara kubu AS Roma akan memainkan tiga bek kompak andalan mereka, Ibanez (kanan), Chris Smalling (tengah) dan Bryan Cristante (kiri). Sayangnya, dibanding musim lalu, performa Smalling yang notabene eks Man United masih lebih baik ketimbang musim ini. 

Roma sendiri merupakan tim yang tidak cukup bagus dalam bertahan. Di Serie A mereka sudah kebobolan 51 gol, terbanyak di antara tim 10 besar lainnya. 

Kepergian Kostas Manolas memberikan dampak cukup besar bagi pertahanan Roma. Dalam laga melawan Man United nanti mereka sangat rentan untuk dibobol oleh penyerang-penyerang cepat milik tim Setan Merah.