Liga Indonesia

Vaksin dan Tes Covid Bisa Jadi Syarat Kehadiran Penonton di Liga 1

Jumat, 30 April 2021 12:48 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wacana penyelenggaraan Liga 1 masih terus digodol, termasuk potensi dihadiri penonton dengan prokes ketat. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wacana penyelenggaraan Liga 1 masih terus digodol, termasuk potensi dihadiri penonton dengan prokes ketat.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan bahwa pihaknya masih terus menggelar pertemuan dengan berbagai pihak mengenai mekanisme pelaksanaan Liga 1 musim 2021-2022, termasuk wacana kehadiran penonton di stadion.

Bukan tidak mungkin, suporter bisa hadir secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan memenuhi persyaratan yang diwajibkan. Hal ini penting mengingat Indonesia masih dilanda pandemi virus corona Covid-19.

"(Masih rapat) Termasuk wacana dengan penonton terbatas. Jadi nanti bisa di-prokes (protokol kesehatan) nya, kami minta (masukan) ke Kemenkes, (misal) penonton harus divaksin tapi kalau masuk (tetap) harus di-swab antigen atau GeNose," kata Mochamad Iriawan kepada wartawan.

Iriawan juga menegaskan, dalam pelaksanaan Liga 1 musim 2021-2022 yang terpenting ialah memberikan keselamatan kepada seluruh elemen sepak bola, termasuk suporter dan masyarakat umum.

Oleh karenanya, pertemuan dengan pihak berwenang menjadi agenda wajib untuk meminta masukan terkait pelaksanaan liga yang aman.

"Kita sedang melakukan rekomendasi dulu ke Satgas Covid, Kemenpora, Kemenkes, setelah itu keluar (hasil), seminggu setelah jalan kita akan jalan manajer meeting dan survey stadion. Yang penting rekomendasi dari stakeholder tiga ini baru kita ajukan ke kepolisian," tuntasnya.