Bola Internasional

Kala Manchester United dan Liverpool Terseret Kasus Pengaturan Skor

Senin, 3 Mei 2021 21:11 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© -
Ilustrasi Pengaturan skor. Copyright: © -
Ilustrasi Pengaturan skor.

INDOSPORT.COM – Pengaturan skor menjadi hal yang paling dibenci di dunia sepak bola. Ternyata, dua klub papan atas Inggris saat ini yakni Manchester United dan Liverpool diketahui pernah terseret skandal ini.

Kasus terbesar mengenai pengaturan skor di dunia sepak bola terjadi pada musim 2004/05 dan 2005/06 di sepak bola Italia. Kasus itu sendiri dikenal dengan kasus Calciopoli.

Kasus ini sendiri cukup menggemparkan karena melibatkan lima tim di mana tiga hingga empat tim di dalamnya merupakan tim papan atas Italia.

Tim yang terlibat adalah Juventus, Lazio, Fiorentina, AC Milan, dan Reggina. Skandal pengaturan skor ini cukup menghebohkan apalagi jika melihat hukuman yang diterima.

Aktor di balik skandal Calciopoli ini sendiri adalah Luciano Moggi yang tak lain adalah General Manager Juventus kala itu.

Kasus ini pertama kali bergulir ketika polisi dan FIGC melakukan investigasi terhadap hasil pertandingan Serie A musim 2004/05 dan 2005/06.

Setelah dilakukan investigasi, bukti-bukti mengarah ke Luciano Moggi yang disebut melakukan percakapan dengan pejabat sepak bola Italia.

Dalam melancarkan aksinya, Moggi dilaporkan melakukan pemerasan, penyuapan hingga ancaman. Pada akhirnya, ia pun dinyatakan bersalah dan dihukum dilarang beraktivitas di jagat sepak bola seumur hidup.

Kelima tim yang telah disebutkan pun mendapat hukuman masing-masing di mana Juventus mendapat hukuman paling berat yakni degradasi ke Serie B, pengurangan sembilan poin, dan gelar juaranya musim 2004/05 serta 2005/06 dilucutin.

Jauh sebelum Calciopoli, pengaturan skor pernah menyeret Manchester United dan Liverpool. Lantas, bagaimana kisahnya? Berikut rangkuman kisah tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%