Liga Indonesia

Bali United Tak Setuju Wacana Pengurangan Pemain Asing di Liga 1

Jumat, 7 Mei 2021 11:15 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© baliutd.com
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco., buka suara soal kabar yang menyebut akan ada pengurangan kuota pemain asing Liga 1. Copyright: © baliutd.com
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco., buka suara soal kabar yang menyebut akan ada pengurangan kuota pemain asing Liga 1.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, tak setuju dengan adanya wacana pengurangan pemain asing di kompetisi Liga 1 2021. Saat ini, tim Serdadu Tridatu sudah terlanjur mengikat empat pilar asing.

Wacana pengurangan pemain asing menjadi perbincangan hangat sejak pekan lalu. Setiap tim yang awalnya berhak mengontrak tiga pemain asing bebas serta satu Asia, berpotensi berubah jadi dua pemain asing bebas serta satu dari Asia.

Wacana ini disebut-sebut sebagai upaya penghematan dana klub Liga 1 di tengah pandemi Covid-19. Berkurangnya satu pemain asing dianggap akan mengurangi sedikit pengeluaran per bulan 18 klub.

Tak semua klub setuju atas wacana ini. Bali United menjadi salah satu di antaranya, apalagi jika mengingat sejak awal tahun mereka sudah mengikat Melvin Platje, Brwa Nouri, Diego Assis Figueiredo, serta Willian Pacheco.

Bali United mengontrak empat pilar asing tak sekadar untuk Liga 1 2021, tetapi juga bersiap untuk Piala AFC 2021. Dalam regulasi ajang level kedua Asia ini, setiap klub berhak memainkan tiga pemain sing bebas serta satu berstatus pemain Asia.

"Ini pasti masalah buat klub yang sudah teken kontrak sama empat pemain asing. Bali United sudah planning buat empat pemain asing main di AFC Cup dan Liga 1. Kita sekarang sudah ada di bulan Mei," ucap Stefano Cugurra Teco.

Klub bukan sekadar bakal kerepotan andai wacana pengurangan pemain asing benar-benar diterapkan. Hal ini ditakutkan bakal berimbas pada Liga 1 2021.

"Tidak bagus. Pasti semua kualitas tim Liga 1 menurun," tutur pelatih asal Brasil ini.