Liga Indonesia

Punya Potensi, Shin Tae-yong Bingung Timnas Indonesia Berada di Peringkat 173 FIFA

Sabtu, 15 Mei 2021 22:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© rayki/kemenpora
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku bingung dengan kenyataan Indonesia berada di peringkat 173 FIFA. Copyright: © rayki/kemenpora
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku bingung dengan kenyataan Indonesia berada di peringkat 173 FIFA.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku bingung dengan kenyataan Indonesia berada di peringkat 173 FIFA. Padahal, dia menilai skuat Garuda punya potensi berada di urutan 100 besar.

Shin Tae-yong mengatakan telah membicarakan hal tersebut dengan ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. Pelatih asal Korea Selatan itu ingin para pemain bekerja lebih keras untuk mengeksploitasi kemampuan terbaik. 

"Secara fisik dan mental sangat kalah dan itu mau tidak mau harus diperbaiki. Saya juga ingin berbicara kepada Pak Ketum, bahwa saya bingung juga kenapa Indonesia berada di 173?" kata Shin Tae-yong.

"Kita pasti bisa berada di peringkat 100 kalau kalian (pemain) mempunyai mental dan memberikan semuanya untuk tim," tegasnya.

Shin Tae-yong mengambil contoh perjalanan Timnas Indonesia U-19 selama TC di Eropa. Sempat kalah dari Kroasia dan Bulgaria, skuat Garuda Nusantara perlahan bangkit setelah tim pelatih meminta pemain bekerja lebih keras di latihan dan pertandingan.

"Sebagai contoh, pertama kita ke Kroasia dan melawan Timnas Kroasia dan Bulgaria dan kebobolan 10 gol ," bukanya.

"Saat bermain, pemain tidak ada yang berani menghadang tendangan lawan. Akhirnya kami melakukan perubahan di latihan, jadi kalau misalkan ada yang menendang segera hadang dan akhirnya bisa lebih baik. Sebelumnya tidak ada yang mau menghadang".

"Setelah itu dari pemain sendiri tidak ada takutnya dan akhirnya kami tidak banyak kebobolan bahkan berhasil menang dan imbang," ujar Shin Tae-yong.