Bola Internasional

4 Pilar Vietnam Terancam FIFA, Timnas Indonesia Untung di Kualifikasi Piala Dunia?

Minggu, 16 Mei 2021 14:05 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Prio Hari Kristanto
© Gary Tyson/Getty Images for SEA Games
Empat pilar Timnas Vietnam terancam hukuman kartu oleh wasit FIFA, Timnas Indonesia untung di kualifikasi Piala Dunia? Copyright: © Gary Tyson/Getty Images for SEA Games
Empat pilar Timnas Vietnam terancam hukuman kartu oleh wasit FIFA, Timnas Indonesia untung di kualifikasi Piala Dunia?

INDOSPORT.COM - Jelang kualifikasi Piala Dunia 2022 yang bergulir Juni nanti, kabar buruk menimpa Park Hang-seo ketika empat pilar Timnas Vietnam kena ancaman FIFA. Apakah ini artinya untung bagi Timnas Indonesia?

Penentuan slot negara yang akan mewakili Asia di ajang pentas sepak bola terbesar sejagad sempat tertunda gara-gara Corona. Harapan Tanah Air untuk turut serta sendiri terkesan angan-angan belaka usai sudah pasti tersingkir di babak grup.

Bagaimana tidak? Berjuang di grup G, suasana neraka menyertai Evan Dimas beserta koleganya. Maklum, saingan-saingan mereka terkesan sukar ditunjukkan dengan rival seperti Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab (UEA), dan Vietnam.

Empat negara tersebut nyatanya mampu buat skuat Garuda arahan Simon McMenemy babak belu dengan total lima kekalahan beruntun. Adapun hal ini juga membuat peringkat FIFA negara turun drastis ke posisi 173.

Kendati demikian, semangat juang Timnas Indonesia masih terlihat ketika Shin Tae-yong selaku pelatih baru menyasar tiga kemenangan di tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia. Bukan cuma demi membangun imejnya melainkan juga kembangkan potensi tim.

Mendapati lawan Timnas Vietnam, nampaknya ada kabar bagus yang bisa membuat tim merah putih tampil optimal. Pasalnya, lawan main mereka ini alami tekanan gara-gara empat pemain pentingnya terkena hukuman kartu kuning.

Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh, Do Duy Manh, dan Nguyen Anh Duc terancam bakal absen jika melakukan tindakan kasar di tiga pertandingan berbeda. Begitu pun Park Hang-seo yang juga mendapat hal serupa, akankah ini jadi keuntungan bagi Indonesia.