Bola Internasional

Menuju Piala AFC, Persipura Jayapura Masih Banyak Kekurangan

Rabu, 19 Mei 2021 14:51 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo/Indosport
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago saat memberikan arahan kepada skuatnya. Copyright: © Sudjarwo/Indosport
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago saat memberikan arahan kepada skuatnya.

INDOSPORT.COM - Meski sudah menjalani persiapan dalam pemusatan latihan (TC) di Batu, Malang, sejak beberapa pekan, skuat Persipura Jayapura dinilai masih memiliki banyak kekurangan jelang keberangkatannya menuju Singapura untuk melakoni babak penyisihan Grup H Piala AFC.

Juru taktik tim berjulukan Mutiara Hitam, Jacksen Tiago menyadari bahwa timnya masih memiliki Pekerjaan Rumah (PR) yang harus segera dituntaskan sebelum ikut serta di turnamen kasta kedua antarklub Benua Asia.

"Kekurangan kita masih banyak, jujur saya tidak bisa menilai secara sesungguhnya kekurangan kita, karena lawan ujicoba yang kita hadapi sebelumnya bukan selevel dengan kita," kata Jacksen kepada awak media olahraga INDOSPORT.com, Rabu (19/05/21).

Jacksen membeberkan, dalam tiga laga ujicoba sebelumnya, ia belum mendapatkan komposisi skuat terbaik, karena ia masih melakukan eksperimen untuk memberikan jam terbang kepada pemain muda.

"Kita tidak pernah dalam tiga kali laga ujicoba itu turunkan satu tim terbaik. Kita selalu berpikiran memberikan menit bermain kepada pemain. Target utama kita untuk memberikan menit bermain kepada semua pemain sehingga saya nanti bisa ambil sebuah keputusan yang lebih akurat lagi," jelasnya.

"Kita selalu mix pemain, selalu rotasi pemain, kita main 3 x 30 menit. Di 30 menit pertama kita main 11 pemain, 30 menit berikutnya kita berubah 5 sampai 6 pemain, 30 menit terakhir kita berubah lagi 11 pemain. Itu cara bermain kami di tiga kali laga uji coba sehingga saya bisa melalukan beberapa kali eksperimen," bebernya.