Liga Inggris

9 Fakta Menarik Liga Inggris 2020/2021: Manchester United Superior, Arsenal Memalukan

Selasa, 25 Mei 2021 12:51 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Berikut 9 fakta menarik dari Liga Inggris 2020/2021 yang baru saja berakhir, di antaranya rekor apik Manchester United dan catatan memalukan Arsenal.

Kompetisi Liga Inggris musim 2020/2021 berakhir Minggu (23/05/21) malam WIB dengan 10 laga pekan terakhir digelar secara serentak.

Gelar juara menjadi milik Manchester City yang sudah merebutnya beberapa pekan sebelum kompetisi berakhir. Sementara itu, posisi kedua ditempati sang rival sekota, Manchester United.

Perburuan 2 tempat tersisa di 4 besar alias Liga Champions akhirnya dimenangi Liverpool dan Chelsea di pekan terakhir, dengan Leicester harus puas di tempat kelima dan tampil di Liga Europa musim depan bersama West Ham.

Sementara itu, posisi 3 terbawah ditempati Fulham, West Brom, dan Sheffield United yang harus rela terdegradasi ke Divisi Championship.

Di sisi lain, selain menghasilkan keseruan perebutan tiket Liga Champions hingga pekan terakhir, ada 9 fakta unik yang dicatatkan para klub peserta seperti Manchester United dan Arsenal atau pemain seperti Sergio Aguero di Liga Inggris 2020/2021.

Apa saja fakta-fakta tersebut? Berikut ini ulasannya:

9. Mandulnya Fulham

Fulham menjadi salah satu tim yang terdegradasi musim ini. Salah satu penyebabnya adalah mandulnya lini depan mereka.

Opta mencatat Fulham hanya bisa mencetak 9 gol dari 18 laga kandang musim ini. Catatan ini menjadikan mereka tim pertama dalam sejarah Liga Inggris yang mencetak kurang dari 10 gol di kandang sepanjang musim.

8. Chelsea yang Minim Gol

Chelsea menjadi tim pertama sejak Everton di musim 1910/1911 yang berhasil finis di 4 besar tanpa memiliki 1 pun pemain yang mencetak dua digit gol. Top skor Chelsea di Liga Inggris musim ini adalah Jorginho (7 gol). Tempat kedua diisi Timo Werner, Tammy Abraham, dan Mason Mount (6 gol).

7. Leicester yang Hobi Terpeleset

Leicester kini tercatat tersingkir dari perebutan 4 besar di hari terakhir kompetisi pada dua musim beruntun.

Musim lalu, Leicester finis di peringkat 5 karena kalah bersaing dengan MU dan Chelsea usai dikalahkan MU di pekan terakhir. Musim ini, The Foxes dikalahkan Tottenham di pekan terakhir sehingga kalah bersaing dengan Liverpool dan Chelsea.

6. Sheffield Panen Kekalahan

Sepanjang musim, Sheffield tercatat menelan 29 kekalahan. Jumlah ini adalah yang terbanyak sejak kompetisi Liga Inggris diikuti oleh 20 klub (38 pertandingan).