Liga Europa

Dominasi Tim Asal Spanyol dalam Final Liga Europa Sedekade Terakhir

Rabu, 26 Mei 2021 16:11 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Twitter@EuropaLeague
Dominasi Tim Asal Spanyol dalam Final Liga Europa Sedekade Terakhir Copyright: © Twitter@EuropaLeague
Dominasi Tim Asal Spanyol dalam Final Liga Europa Sedekade Terakhir

INDOSPORT.COM – Melihat dominasi tim-tim asal Spanyol dalam partai final Liga Europa sedekade terakhir. Bakal jadi alarm serius buat Manchester United atau tekanan berlebih bagi Villarreal?

Pada Kamis (27/05/21) dini hari WIB nanti, duel puncak gelaran Liga Europa 20/21 akan terjadi dan mempertemukan dua tim besar dari dua kompetisi berbeda di benua Eropa.

Manchester United yang musim ini jadi runner up Liga Inggris, akan menghadapi wakil dari Liga Spanyol, Villarreal arahan Unai Emery yang pernah rasakan persaingan Premier League saat menukangi Arsenal.

Meski kompetisi ini hanyalah kompetisi level kedua, akan tetapi setiap tim yang berpartisipasi akan serius dalam melakoninya.

Hal tersebut berlaku untuk Villarreal yang memang mencari gelar perdananya sepanjang sejarah klub dan juga Man United yang mencari gelar perdana bersama Ole Gunnar Solskjaer.

Laga final ini pun seakan menjadi adu jimat serta taktik antara kedua pelatih kedua kesebelasan, yakni Unai Emery dan Solskjaer.

Disebut adu jimat karena sejarah Emery sendiri di Liga Europa. Sejarah itu pun akan ia coba tularkan ke Villarreal kala menghadapi tim kuat sekelas Manchester United.

Lalu bagi Solskjaer, laga final ini menjadi adu jimat kesaktiannya yang telah mematahkan kutukan semifinal dan memiliki kesaktian berupa membalikkan keadaan kala tertinggal.

Namun, Solskjaer patut was-was mengingat kaptennya, Harry Maguire, masih dipertanyakan kehadirannya menyusul laga final ini. Sejak cederanya bek Inggris tersebut, Man United nampak kedodoran di lini pertahanan.

Sementara bagi Villarreal, meraih kemenangan tampaknya jadi target yang sangat dibebankan kepada mereka. Pasalnya, dalam sedekade terakhir tim-tim dari Liga Spanyol selalu berhasil menjuarai kompetisi Liga Europa saat tampil di partai final.

Tercatat, terakhir kali tim asal Spanyol yang gagal meraih gelar juara dalam partai final Liga Europa terjadi pada musim 2000/01 silam. Saat itu, Deportivo Alavés kalah dari wakil Liga Inggris, Liverpool dalam perebutan gelar juara yang berlangsung di Westfalenstadion, Dortmund, Jerman.

Sisanya, dalam 10 kali kesempatan saat tim Liga Spanyol mentas di final Liga Europa, semuanya selalu berhasil keluar sebagai pemenang. Termasuk pada musim lalu, kala Sevilla menumbangkan Inter Milan dengan skor tipis 3-2.