In-depth

Menakar Kepantasan Josip Ilicic Menjadi Playmaker AC Milan

Rabu, 26 Mei 2021 09:22 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Fedenerazzura
Bakal dilepas Atalanta ke klub rival Liga Italia, AC Milan, sudah pantaskah Josip Ilicic mengenakan seragam Rossoneri musim depan? Copyright: © Fedenerazzura
Bakal dilepas Atalanta ke klub rival Liga Italia, AC Milan, sudah pantaskah Josip Ilicic mengenakan seragam Rossoneri musim depan?

INDOSPORT.COM - Atalanta dikabarkan mempertimbangkan untuk melepas bintangnya, Josip Ilicic, ke klub rival Liga Italia, AC Milan. Sebelum itu, sudah pantaskah Ilicic menjadi bagian dari tim Rossoneri musim depan?

Pemain timnas Slovenia, Josip Ilicic kemungkinan besar akan meninggalkan Atalanta di bursa transfer musim panas ini dan AC Milan dikabarkan tertarik pada penyerang itu.

Pemain berusia 33 tahun itu bermain dalam 28 pertandingan Serie A musim ini, Ilicic menyumbang enam gol dan 10 assist. Namun ia tidak bisa mencapai puncak penampilannya seperti saat musim 2019-20 dimana ia berhasil mencetak 15 gol dan 10 assist dalam 26 laga di Serie A.

Ilicic tiba dari Fiorentina pada Juli 2017 dan tampil mengesankan bersama Orobici, julukan Atalanta. Namun pemain berusia 33 tahun tersebut menjalani musim 2020-21 dengan sangat sulit, karena ia melewatkan sebagian besar pertandingan musim ini setelah lock-down COVID-19 di Italia.

Mantan pemain Palermo itu kembali berlatih pada September 2020 setelah dikabarkan menderita depresi karena masalah pribadi. Sejak saat itu, penampilan Ilicic menurun drastis.

Dilansir dari Tuttosport, Ilicic dikabarkan akan segera dilego oleh Atalanta di bursa transfer musim panas nanti walaupun ia masih terikat kontrak satu tahun lagi.

Atalanta tidak ingin mengambil risiko kehilangan pemainnya itu dengan status bebas transfer. Dalam laporan yang sama menyebut, AC Milan tertarik untuk mendapatkan tanda tangan Ilicic tetapi mereka tidak mau menghabiskan terlalu banyak uang mengingat usia dan status kontraknya.

Pantaskah Ilicic Jadi Playmaker AC Milan?

Ilicic telah memainkan 149 pertandingan kompetitif bersama Atalanta dan telah mencetak 56 gol dan menyumbangkan 39 assist dalam prosesnya. Dari catatan ini terbukti bawah Ilicic yang bermain di posisi utama gelandang serang tengah bukanlah pemain sembarangan. 

Pada 11 Maret 2020, Ilicic pernah mengantar Atalanta meraih kemenangan 4-3 atas Valencia di Liga Champions. Dalam drama tujuh gol tersebut, pemain berpaspor Slovenia membukukan quattrick alias tiga gol.

Ia menjadi alasan penting di balik tajamnya performa Atalanta. Dengan memiliki Josip Ilicic di lini tengah, Atalanta seakan bisa melakukan segalanya di lapangan.

Hal semacam inilah yang tidak dimiliki oleh AC Milan pada musim yang baru berakhir ini. Stefano Pioli tidak memiliki gelandang-gelandang serang dengan kemampuan eksplosif.