Liga Italia

Profil Tim Promosi Salernitana 1919: Akhir Penantian 23 Tahun Kuda Luat dari Selatan

Sabtu, 29 Mei 2021 13:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Mengenal Salernitana 1919, klub promosi Serie B yang kembali bermain Serie A musim depan setelah menanti selama 23 tahun. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Mengenal Salernitana 1919, klub promosi Serie B yang kembali bermain Serie A musim depan setelah menanti selama 23 tahun.

INDOSPORT.COM - Mengenal Salernitana 1919, klub promosi Serie B yang kembali bermain Serie A musim depan setelah menanti selama 23 tahun. 

Kompetisi kasta teratas Liga Italia, Serie A, kedatangan tiga tim promosi baru dari Serie B. Mereka adalah Empoli, Salernitana, dan Venezia. 

Beda dengan Empoli, dua klub promosi lain musim ini berhasil mengakhiri penantian panjang mereka untuk dapat kembali berkompetisi Serie A. Venezia akhirnya berhasil promosi setelah 19 tahun lalu berkompetisi di kasta teratas. 

Sementara Salernitana lebih lama lagi. Terakhir kali klub dari Italia selatan itu bermain di kasta teratas adalah pada tahun 1999 saat mereka masih diperkuat oleh Gennaro Gattuso dan Marco Di Vaio. 

Dari tiga klub promosi, Salernitana cukup menarik untuk mendapat sorotan. Sebab, jarang pencinta Liga Italia yang mengetahui klub satu ini. 

Sepanjang sejarah klub, Salerniatan hanya beberapa kali saja mencicipi persaingan Serie A. Dalam 25 tahun terakhir, Salernitana bahkan cuma satu kali berkompetisi di Serie A, yakni pada musim 1998/99. 

Saat itu mereka tak mampu bertahan dan harus terdegradasi setelah menempati peringkat ke-15 dari 18 peserta. Setelah itu, mereka mengalami beberapa kali kebangkrutan sebelum akhirnya pada musim 2020/21 memastikan tiket promosi dari Serie B. 

Kepastian Salernitana promosi didapat setelah mereka mengakhiri kompetisi Serie B di posisi kedua alias runner-up. Salernitana mengumpulkan 69 poin hasil dari 19 menang, 12 seri, dan 7 kalah. 

Di pekan terakhir mereka menang 3-0 atas Pescara. Sementara di waktu bersamaan, pesaing terdekat, AC Monza, gagal meraih poin penuh ketika menjamu Brescia. Klub yang dimiliki oleh Adriano Galliani itu terpaksa harus mengikuti babak play-off yang akhirnya dimenangkan oleh Venezia. 

Di Serie B musim ini penampilan Salernitana memang terbilang impresif. Mengandalkan pemain-pemain seperti Andrea Anderson, Tiago Casasola, sampai Gennaro Tutino, skuad asuhan Fabrizio Castori tampil mengejutkan dan menyisihkan tim unggulan seperti Brescia, Lecce, dan Monza.