In-depth

Gelar Liga Champions 2021 Chelsea Lebih Baik dari 2012?

Selasa, 1 Juni 2021 10:40 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Manu Fernandez - Pool/Getty Images
Selebrasi pemain Chelsea juara Liga Champions UEFA, Sabtu (29/05/21). Copyright: © Manu Fernandez - Pool/Getty Images
Selebrasi pemain Chelsea juara Liga Champions UEFA, Sabtu (29/05/21).

INDOSPORT.COM – Keberhasilan Chelsea merengkuh gelar Liga Champions 2020/21 disebut lebih manis ketimbang saat menjadi kampiun di tahun 2012. Benarkah pernyataan tersebut?

Chelsea berhasil meraih kemenangan atas Manchester City dalam laga final Liga Champions 2020-2021 yang berjalan sengit dan sangat ketat, Minggu (30/5/21) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, pasukan Thomas Tuchel sukses mengunci gelar Liga Champions kedua mereka lewat aksi brilian Kai Havertz di menit ke-42.

Memanfaatkan umpan terobosan Mason Mount, Havertz yang berada dalam situasi one on one dengan Ederson berhasil ‘mengecoh’ kiper andalan Manchester City tersebut.

Baik Chelsea dan Manchester City bermain dengan tempo tinggi dan pressing ketat sepanjang laga. Jual beli serangan telah terjadi sejak wasit meniup peluit tanda babak pertama dimulai.

Chelsea bermain lebih disiplin. Tuchel berhasil menutup ruang dan membuat Manchester City gagal mengembangkan permainan terbaiknya hingga laga berakhir.

Dengan kemenangan ini, Chelsea berhasil merengkuh gelar Liga Champions kedua sepanjang sejarah berdirinya klub. Sebelumnya The Blues meraih gelar perdananya pada tahun 2012.

Banyak yang menganggap gelar perdana Chelsea di 2012 lebih baik ketimbang gelar yang didapat klub asal London Barat tersebut pada tahun 2021 ini.

Benarkah hal tersebut? Untuk menjawabnya perlu ada beberapa ulasan yang tersedia. Berikut ulasan perbedaan dan penentuan mana yang terbaik dari gelar Liga Champions yang didapat Chelsea pada 2012 dan 2021.