Bola Internasional

Dicoret dari Timnas Belanda, Virgil Van Dijk Didapuk Tugas Baru di Euro 2020

Minggu, 6 Juni 2021 16:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Getty Images
Gol Virgil van Dijk berhasil menyelamatkan Belanda dari kekalahan atas Jerman di UEFA Nations League, Selasa (20/11/18). Copyright: © Getty Images
Gol Virgil van Dijk berhasil menyelamatkan Belanda dari kekalahan atas Jerman di UEFA Nations League, Selasa (20/11/18).

INDOSPORT.COM – Bintang Liverpool, Virgil Van Dijk, mendapatkan peran baru di Euro 2020 setelah dirinya dipastikan tak bisa tampil bersama skuat Timnas Belanda karena cedera.

Dilansir dari Sport Mirror, Van Dijk akan tetap dipanggil pelatih timnas Belanda, Frank de Boer, sebagai anggota staf tidak resmi selama putaran final Euro 2020. Tugas Van Dijk pun tak main-main di sini.

Menurut laporan, Frank De Boer meminta sang kapten tetap bersama rekan-rekan senegaranya di ruang ganti. Keberadaannya di sana diharapkan bisa memberi pengaruh positif dan menaikkan mental skuat tim Oranye.

Bek berusia 29 tahun itu bahkan sudah menjalankan peran terbarunya itu dengan duduk di belakangan lapangan ketika Belanda bermain imbang 2-2 melawan Skotlandia dalam pertandingan uji coba yang digelar di Portugal, Kamis (03/03/21).

Usai pertandingan tersebut, De Boer mengungkapkan betapa pentingnya sosok Van Dijk, yang menjadi kapten timnas sejak 2018. Sayang sekali, Van Dijk sendiri memang belum pulih dari cederanya.

“Virgil sangat penting untuk skuad ini dan merupakan faktor motivasi besar yang selalu penting bagi para pemain selama beberapa tahun terakhir. Tim menyukai kehadirannya,” ungkap De Boer saat membicarakan tugas anyar Van Dijk.

Tugas ini akan dilanjutkan Van Dijk ketika Belanda mengawali gelaran Euro 2020 dengan menghadapi Ukraina pada 14 Juni 2021, dilanjutkan melawan Austria empat hari kemudian dan Makedonia Utara tiga hari berikutnya.

Van Dijk, yang melakukan debutnya di Belanda pada tahun 2015 dan mencatat 38 caps itu, belum pernah tampil di turnamen besar internasional sejak Oktober tahun lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%