Bola Internasional

Tak Jadi Tuan Rumah, Argentina Pastikan Tetap Mentas di Copa America

Senin, 7 Juni 2021 12:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Gustavo Ortiz/Jam Media/Getty Images
Timnas Argentina saat bertanding Copyright: © Gustavo Ortiz/Jam Media/Getty Images
Timnas Argentina saat bertanding

INDOSPORT.COM – Timnas Argentina dipastikan tetap berkompetisi di Copa America 2021 setelah sebelumnya memutuskan mundur sebagai tuan rumah karena COVID-19.

Asosiasi Sepak Bola Argentina pada hari Minggu (06/06/21), mengumumkan lewat akun di Twitter bahwa tim mereka tetap akan ambil bagian dalam turnamen Copa America musim panas ini.

“Argentina mengonfirmasi partisipasi mereka di Copa America 2021, yang mencerminkan semangat olahraga yang dimiliki tim sepanjang sejarah mereka,” bunyi pernyataan AFA.

“Dengan upaya besar dari AFA, yang menyiapkan semua alat yang diperlukan untuk dapat menjamin perawatan kesehatan khusus yang kami butuhkan di masa sulit yang kami alami ini, tim nasional akan melakukan perjalanan ke Brasil untuk bermain di turnamen kontinental,”lanjut pernyataan tersebut.

“Semua staf tim Argentina akan bekerja sama untuk mengatasi kesulitan ini yang, sayangnya, mempengaruhi kita semua orang Amerika Selatan secara setara.”

Keputusan Argentina ikut ke dalam turnamen sepak bola antarnegara Amerika Selatan itu cukup mengejutkan karena beberapa hari sebelumnya tim ini menyatakan mundur sebagai tuan rumah.

Seperti diketahui, Copa America awalnya digelar di dua negara berbeda. Selain Argentina, Kolombia juga didapuk sebagai tuan rumah turnamen.

Namun, Kolombia dicabut haknya sebagai tuan rumah karena krisis politik dalam negeri. Sementara itu, Argentina mundur karena pemerintah fokus pada penanganan kasus COVID-19 yang sedang tinggi-tingginya di sana.

Alhasil, Copa America pun memindahkannya ke Brasil yang mengklaim siap menggelar turnamen pada 13 Juni hingga 11 Juli ini.

Pemindahan turnamen ke Brasil ini rupanya mendapat pertentangan dari para pemain di negara itu sendiri dan sejumlah pemain dari negara lain, seperti Casemiro, Luis Suarez dan Juan Cadrado.

Pasalnya, Brasil sendiri juga tengah menghadapi kasus virus corona yang melonjak tinggi sehingga menggelar turnamen di  negara tersebut dirasa tidaklah aman.