Liga Indonesia

Ketambahan Indonesia, Ini Daftar Negara di Playoff Kualifikasi Piala Asia

Kamis, 10 Juni 2021 19:24 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© PSSI
Timnas Indonesia vs Vietnam Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia vs Vietnam

INDOSPORT.COM - Setelah Timnas Indonesia dipastikan masuk playoff Piala Asia 2023, ada sejumlah negara yang juga mengalami nasib serupa.

Usai menelan kekalahan keenam, Timnas Indonesia menjadi juru kunci Grup G dan dipastikan akan tampil di babak playoff Piala Asia 2023.

Selain Indonesia, beberapa negara yang menjadi juru kunci juga mengalami nasib serupa. Ada tiga negara yang diketahui menyusul Indonesia ke playoff Piala Asia. Mereka adalah Guam, Taiwan, dan Kamboja.

Nantinya akan ada 12 tim yang masuk ke playoff Piala Asia, terdiri dari empat tim peringkat keempat terburuk dan 8 tim peringkat kelima fase grup (juru kunci Grup A-H).

Setiap tim akan dihadapkan dengan sistem dua leg. Mereka akan memperebutkan sembilan tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia.

Tiga tim dengan peringkat terburuk akan ditempatkan di ronde kedua. Selanjutnya di babak ketiga akan ada 24 tim yang dibagi ke enam grup untuk memperebutkan 12 tiket ke Piala Asia. Format yang digunakan mirip seperti UEFA Nations League.

Tim yang kalah di ronde pertama playoff masih punya harapan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Namun harus menghadapi tiga tim yang sudah menunggu di ronde kedua.

Tim yang kalah di ronde kedua akan bermain di AFC Solidarity Cup, turnamen untuk negara-negara yang tersingkir di kualifikasi Piala Dunia/Piala Asia.