Liga Indonesia

Robert Alberts Puji Pemain Persib dalam Menyikapi Insiden Frets Butuan

Selasa, 15 Juni 2021 16:04 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib, Frets Butuan. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib, Frets Butuan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memuji sikap anak asuhnya saat terjadi insiden di dalam lapangan, salah satunya ketika latih tanding menghadapi Tira-Persikabo di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (12/06/21).

Pada pertandingan yang berakhir imbang 1-1 tersebut, Frets Butuan mendapat terjangan keras pemain Tira-Persikabo, Gilang Ginarsa. Saat itu, pemain Persib langsung melindungi dan memberikan pertolongan pertama kepada rekannya yang berada di lapangan.

Sikap tersebut membuat Robert Alberts memuji anak asuhnya. Karena, mereka sigap dalam membantu rekan setimnya yang sedang membutuhkan pertolongan dan tidak terpancing emosinya.

"Tapi jika dilihat dari laga terakhir melawan Tira, saat Frets mendapat terjangan yang sangat buruk, sangat bagus reaksi yang ditunjukkan oleh pemain kami," kata Robert Alberts, Senin (14/06/21).

"Pemain kami tidak bereaksi dengan melakukan kekerasan, pemain kami langsung melindungi rekan yang terjatuh, mereka menjauhkan pemain Tira. Lalu tim medis kami masuk ke lapangan, karena bisa saja itu menjadi cedera yang serius," ucapnya menambahkan.

Mantan pelatih PSM Makassar ini menuturkan, sikap yang dilakukan oleh anak asuhnya hampir sama seperti saat salah satu pemain Timnas Denmark, Christian Eriksen, kolaps di lapangan saat pertandingan menghadapi Finlandia di babak Grup B Euro 2020, Sabtu (12/06/21) malam WIB.

"Dan jika melihat apa yang terjadi di Euro terhadap Eriksen, mereka langsung melindungi temannya, memberi ruang bagi tim medis untuk melakukan tindakan, menjauhkan pemain lain, menjaga privasi rekan setimnya agar tim medis bisa melakukan tugasnya," ungkapnya.