Bola Internasional

8 Pemain yang Tinggalkan Timnas Inggris demi Membela Negara Lain

Rabu, 23 Juni 2021 13:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Skuat Timnas Inggris. Copyright: © Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Skuat Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM – Sebagai sebuah negara yang menjadi kiblat sepak bola, Inggris banyak melahirkan pemain berbakat. Namun, kerasnya persaingan untuk masuk skuat The Three Lions membuat banyak pemain berpindah kewarganegaraan.

Masih hangat kabar yang tersiar bahwa salah satu penggawa Chelsea, Callum Hudson-Odoi, akan coba dipindahkan status kewarganegaraannya dari Inggris menjadi Ghana.

Hudson-Odoi sendiri merupakan salah satu pemain muda berbakat asal Inggris. Ia tumbuh dan berkembang menjadi sepak bola di tanah Ratu Elizabeth tersebut.

Dalam perjalanan kariernya, ia telah membela Timnas Inggris. Dari kelompok umur hingga tampil di tim senior The Three Lions.

Di Euro 2020 ini, nama Callum Hudson-Odoi diabaikan oleh Gareth Southgate. Ia tak dibawa Timnas Inggris karena minimnya penampilan yang ia buat di level klub.

Di sela-sela waktu senggangnya karena tak berpartisipasi di Euro 2020, Hudson-Odoi berlibur ke tanah kelahiran orang tuanya, yakni Ghana dan sempat bertemu Presiden Ghana, Nana Akufo-Addo.

Dalam pertemuan tersebut, Akufo-Addo menyatakan ingin mengeksplorasi kemungkinan Hudson-Odoi membela Ghana di ajang internasional.

Ia bahkan meminta Menteri Pemuda dan Olahraga Ghana untuk turun tangan menyelesaikan hal tersebut. Dari cuitan ini, diketahui bahwa Hudson-Odoi mempertimbangkan untuk berpindah kewarganegaraan.

Kasus ini pun tak ayal akan menambah panjang daftar para pemain Inggris yang pernah bermain di untuk tim nasionalnya namun berakhir membela negara lainnya.

Berikut daftar beberapa pemain yang membelot dari Inggris dan memilih tampil untuk negara lainnya.