In-depth

Nasib Tottenham yang Terus Dicampakkan, Sesulit Itukah Cari Pelatih?

Kamis, 24 Juni 2021 21:17 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Andrew Matthews/PA Images via Getty Images
Klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, dicampakkan terus oleh para calon pengganti Jose Mourinho. Copyright: © Andrew Matthews/PA Images via Getty Images
Klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, dicampakkan terus oleh para calon pengganti Jose Mourinho.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, nampaknya masih kesulitan mendapat pengganti Jose Mourinho.

Seperti diketahui, The Special One pergi tanpa meninggalkan legasi yang mentereng untuk Spurs - hal yang seharusnya tidak sulit bagi Jose Mourinho, mengingat ia bukan pelatih level receh lagi di jagat sepak bola.

Sayangnya, masa-masanya bersama klub Liga Inggris asal London tersebut harus kandas cukup cepat. Hanya butuh 17 bulan baginya untuk mendapat kabar pemecatan dari manajemen.

Tentu banyak yang menyayangkan kepergian pelatih kawak asal Portugal ini dari Tottenham Hotspur. Pasalnya, ini adalah kali pertama sejak 2002 ia dipecat tanpa sempat menyumbang satu gelar pun untuk tim yang dilatihnya.

Manajemen klub pun pada akhirnya menunjuk Ryan Mason sebagai pelatih interim, sembari terus mencari figur yang tepat sebagai pengganti Jose Mourinho.

Akan tetapi, orang yang telah mereka pecat itu kini sudah mendapat pekerjaan baru di AS Roma. Sementara itu, di sisi lain Tottenham Hotspur malah terus-terusan ditolak para pelatih yang mereka lobi untuk bergabung.

Entah karena rayuan yang kurang maut maupun tawaran yang kurang menggiurkan, sejumlah juru taktik yang masuk radar malah ngacir dan ada yang justru memilih klub lain sebagai pelabuhan mereka selanjutnya.

Untuk mengingat kembali, berikut tiga pelatih yang pernah dipinang oleh Tottenham Hotspur tapi malah memilih mencampakkan klub tersebut.

Julian Nagelsmann

Nama pertama adalah Julian Nagelsmann, sosok pelatih muda yang masih berusia 33 tahun. Popularitas dan pamornya mulai melejit saat menukangi klub Bundesliga Jerman, RB Leipzig, selama periode 2019 sampai 2021.

Ia pun sempat masuk daftar incaran Tottenham Hotspur bahkan sebelum pemecatan Jose Mourinho. Saat itu, Spurs memang sedang dalam tren negatif dan rumor ditendangnya The Special One mulai merebak luas.

Sejatinya, pemantauan Julian Nagelsmann sebagai calon pengganti pada waktu itu nampak sebagai sebuah ide segar, mengingat usianya yang masih muda, ditambah julukan The Baby Mourinho yang juga disandangnya.

Namun pada kenyataannya, hasrat Tottenham Hotspur mendatangkan Nagelsmann tidak pernah terwujud. Ia ternyata lebih memilih Bayern Munchen setelah pergi dari RB Leipzig.