Bola Internasional

Kisah Jack Grealish Pernah Terjebak Antara Timnas Inggris dan Irlandia

Kamis, 1 Juli 2021 20:22 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© CARL RECINE/POOL/AFP via Getty Images
Jack Grealish pernah terjebak di antara Timnas Inggris dan Irlandia. Copyright: © CARL RECINE/POOL/AFP via Getty Images
Jack Grealish pernah terjebak di antara Timnas Inggris dan Irlandia.

INDOSPORT.COM - Jack Grealish pernah terjebak di antara dua pilihan sulit dalam kariernya yakni memilih Timnas Inggris atau Irlandia.

Lahir di Birmingham, pemain kelahiran 10 September 1995 ini juga memiliki darah turunan Irlandia dari pihak sang ibu. Ia bahkan pernah memainkan gaelic football yang identik dengan negara yang berada di seberang Inggris tersebut.

Gaelic football sendiri mirip olahraga rugby yang dipadukan dengan sepak bola. Jack Grealish pun memainkannya ketika ia masih berusia remaja.

Lalu saat mulai beranjak dewasa, Grealish bergabung dengan Timnas Irlandia U-17, U-18, hingga U-21, padahal pada saat itu asosiasi sepak bola Inggris sudah memasukkan namanya dalam radar incaran.

Sayangnya hasrat mendatangkan Grealish muda ke Timnas Inggris belum kesampaian. Situasi pun berubah ketika ia menolak pemanggilan ke Timnas Irlandia senior usai berbicara dengan Martin O'Neill.

Upaya FA Inggris pada akhirnya membuahkan hasil pada tahun 2015 ketika Grealish memilih mengabdikan diri kepada negara kelahirannya.

Belum lama ini, sang pemain secara blak-blakan buka suara terkait alasannya pindah haluan dari Timnas Irlandia menuju Timnas Inggris.

Ia pun memastikan masih ada satu sudut dalam hatinya yang ia dedikasikan untuk Irlandia. Hanya saja, Grealish merasa keputusan yang ia buat sudah tepat.

“Dulu saya pernah diminta bermain untuk Inggris dan Irlandia dalam sebuah turnamen. Saya memilih Inggris, tapi ketika di kamar saya kolaps dan dikirim pulang,” buka Grealish seperti diwartakan Pundit Arena.

“Lalu saya pergi ke Irlandia untuk trial dan saya menyukainya. Ketika masih sangat muda, Anda pasti melakukan apa yang Anda sukai dan saya sangat bahagia di sana,” ujarnya lagi.

Selanjutnya, usai terus-terusan membela Timnas Irlandia, Grealish pada akhirnya memilih Timnas Inggris.