Bola Internasional

Cetak Sejarah, Ofisial Liga Polandia Beri Penghormatan Buat Egy Maulana

Jumat, 2 Juli 2021 09:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Mikolaj Barbanell/SOPA Images/LightRocket via Getty Images
Egy Maulana Vikri saat mengenakan baju latihan Lechia Gdansk Copyright: © Mikolaj Barbanell/SOPA Images/LightRocket via Getty Images
Egy Maulana Vikri saat mengenakan baju latihan Lechia Gdansk

INDOSPORT.COM – Pesepak bola Indonesia, Egy Maulana Vikri, mendapatkan penghormatan dari ofisial Liga Polandia karena dianggap sebagai sejarah baru saat dirinya bermain bersama Lechia Gdansk.

Seperti diketahui, kontrak Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk habis pada Rabu (30/6/2021) kemarin. Instagram resmi klub yang bermain di Ekstraklasa itu langsung mengumunkan perpisahan dengan Egy pada malam harinya.

“Egy Maulana Vikri meninggalkan Lechia Gdansk,” tulis Instagram resmi Lechia Gdansk.

“@egymaulanavikri terima kasih untuk semuanya dan semoga berhasil!,” imbuhnya.

Setelah jebolan Diklat Ragunan tersebut tak lagi berstatus pemain Lechia Gdansk, ofisial Liga Polandia, Ekstraklasa mengunggah sebuah video khusus yang dipersembahkan untuk sang pemain yang dijuluki ‘Messi-nya Indonesia’. 

Video tersebut memperlihatkan deretan video yang menggambarkan perjalanan Egy selama berseragam Lechia, dari mulai dirinya debut di lapangan, saat berhadapan satu lawan satu,  menggiring bola hingga upaya mencetak  gol.

“Semoga sukses dalam karir masa depan Anda untuk Egy Maulana Vikri, orang Indonesia pertama dalam sejarah Ekstraklasa!” tulis Liga Polandia.

Liga Polandia menganggap pencapaian Egy di Lechia ini sangatlah luar biasa. Terlebih keberadaan Egy menjadi sejarah baru yakni sebagai orang Indonesia pertama yang bermain di kompetisi sepak bola Polandia.

Seperti diketahui, Egy bergabung bersama Lechia Gdansk pada 2018 lalu dan dikontrak selama tiga tahun hingga 30 Juni 2021. Akan tetapi, jam terbangnya sangat minim karena hanya 132 menit bermain dari 11 laga.

Meski begitu, Egy sempat mencicipi rasanya mengangkat trofi kemenangan di sepak bola Eropa saat Lechia Gdansk sukses menjuara Piala Polandia 2018/2019.

Gelar yang diraih oleh klubnya ini membuat Egy Maulana Vikri mencatatkan dirinya dalam sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang memiliki gelar resmi di Eropa.

Gelar ini juga merupakan yang pertama bagi Lechia setelah penantian selama 36 tahun. Terakhir kali Lechia Gdansk mengangkat trofi Piala Polandia yakni pada musim 1982-1983.