In-depth

Euro 2020 Milik Atalanta, Ngerinya Pasukan Menyerang Gasperini

Jumat, 2 Juli 2021 17:38 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Emmanuele Ciancaglini/Quality Sport Images/Getty Images
Gelaran Euro 2020 seakan menjadi milik klub Atalanta setelah lima pemainnya, termasuk Matteo Pessina, sukses menyumbang gol dan mengantarkan rekor. Copyright: © Emmanuele Ciancaglini/Quality Sport Images/Getty Images
Gelaran Euro 2020 seakan menjadi milik klub Atalanta setelah lima pemainnya, termasuk Matteo Pessina, sukses menyumbang gol dan mengantarkan rekor.

INDOSPORT.COM - Gelaran Euro 2020 seakan menjadi milik klub Atalanta setelah lima pemainnya sukses menyumbang gol dan mengantarkan rekor.

Gelaran Euro 2020 sukses mempertontonkan panggung pertunjukan sepak bola terbaik Eropa. Deretan gol-gol cantik dan pertandingan-pertandingan dramatis mengiringi sejak fase grup hingga 16 besar.

Dari sekian momen tersebut, rupanya klub Atalanta juga ikut terseret. Tim papan atas Liga Italia itu rupanya memberikan kontribusi besar atas aksi-aksi di lapangan Euro 2020.

Atalanta tercatat menjadi klub keempat dalam sejarah Euro yang menyumbang lima pemainnya di daftar pencetak gol dalam satu edisi Euro ini. Atalanta menyusul klub Real Madrid (2012), Barcelona (2000), dan Anderlecht (1984).

Catatan Atalanta berpotensi bertambah karena masih ada beberapa pemain La Dea yang bermain di babak perempatfinal. Atalanta sekaligus menjadi penyumbang terbanyak pencetak gol dari Serie A Italia.

Para pemain Atalanta yang tampil tajam di kompetisi ini adalah Mario Pasalic (Kroasia), Matteo Pessina (Italia), Aleksey Miranchuk (Ukraina), Robin Gosens (Jerman), dan Joakim Maehle (Denmark).

Dengan sisa sembilan laga di Euro 2020, setidaknya saat ini Atalanta masih memiliki empat pemain yang bisa menambah pundi-pundi rekor gol mereka. Keempatnya adalah Ruslan Malinovskyi (Ukraina), Remo Freuler (Swiss), Rafael Toloi dan Matteo Pessina di Timnas Italia.

Jika ada satu saja yang mencetak gol, maka Atalanta sah menjadi tim pertama yang mampu menyumbang enam gol dalam satu gelaran Euro. Atalanta otomatis menjadi klub nomor satu dalam sejarah menyisihkan Real Madrid, Barcelona, dan Anderclecht.

© Alexander Hassenstein/Getty Images
Pemain Jerman, Robin Gosens merayakan dengan Serge Gnabry usai mencetak gol pada pertandingan Grup F, UEFA Euro 2020. Copyright: Alexander Hassenstein/Getty ImagesPemain Jerman, Robin Gosens (kanan) merayakan dengan Serge Gnabry usai mencetak gol pada pertandingan Grup F, UEFA Euro 2020.

Keberhasilan para pemain Atalanta ini memang tak terlepas dari kualitas permainan mereka di level klub. Seperti diketahui, Atalanta menjadi tim paling subur di Serie A dalam dua tahun terakhir dengan masing-masing mencetak 100 gol lebih per musimnya.

Atalanta bahkan menyaingi Barcelona dan Manchester City dalam ofensivitas. Salah satu sosok yang bertanggung jawab tentu saja adalah sang pelatih, Gian Piero Gasperini.