Liga Indonesia

AFC Rilis Maklumat Mengejutkan, Bali United dan Persipura Gigit Jari?

Senin, 5 Juli 2021 16:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Ilham Oktafian | Editor: Indra Citra Sena
© the-afc.com
Asian Football Confederation (AFC). Copyright: © the-afc.com
Asian Football Confederation (AFC).

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola Asia, AFC, mengumumkan perubahan format Piala AFC dan Liga Champions Asia untuk tahun ini dan tahun depan.

Lewat laman resminya pada Senin (5/7/21), Komite Eksekutif (Exco) AFC berencana membatalkan sejumlah laga fase grup yang tidak mendapatkan venue sentralisasi.

"Diputuskan bahwa kompetisi akan dilanjutkan dengan sisa pertandingan dan grup sebanyak mungkin, sementara pertandingan di semua tahap yang tidak dapat dimainkan karena masalah pandemi virus corona akan dibatalkan dan diakui sebagai peristiwa Force Majeure," begitu bunyi AFC.

AFC pun melanjutkan, untuk laga gugur di perempat final maupun semifinal bakal dimainkan dalam satu tempat atau menggunakan format home turnamen.

Nantinya peserta bakal dibagi menjadi dua grup, yakni wilayah timur dan wilayah barat. AFC juga meniadakan sistem home away hingga partai puncak.

"Komite Eksekutif AFC juga menyetujui usul perempat final dan semifinal Liga Champions Asia dimainkan di satu tempat terpusat untuk Wilayah Timur dan Barat masing-masing dan setuju untuk membuka proses penawaran untuk leg tunggal Liga Champions AFC 2021," tulis AFC.

"Final yang telah dijadwal ulang akan diadakan pada 23 November (dari Final dua leg pada 21 dan 27 November 2021), ke Participating Member Associations (PMA) dari Wilayah Barat," ujarnya.

Perubahan tersebut rupanya tak hanya berlaku pada musim ini, di hajatan Piala AFC maupun Liga Champions Asia musim depan skema dan format kompetisi bakal serupa dengan kebijakan terbaru.

"Sehingga, Liga Champions Asia dan Piala AFC 2022 akan terus dimainkan di venue terpusat, dengan fase gugur juga mengikuti format satu kaki dari edisi kedua kompetisi klub saat ini," tulisnya.

"Sehubungan dengan perubahan jadwal dan format pertandingan masing-masing, AFC juga telah merevisi metode perhitungan untuk Peringkat Kompetisi Klub AFC 2021 dan 2022," terangnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%