In-depth

Eduardo Camavinga Calon Penggusur Paul Pogba di Man United? Nanti Dulu

Selasa, 6 Juli 2021 20:24 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Aurelien Meunier/Getty Images
Eduardo Camavinga, pemain yang dikabarkan bakal gantikan Paul Pogba di Manchester United. Copyright: © Aurelien Meunier/Getty Images
Eduardo Camavinga, pemain yang dikabarkan bakal gantikan Paul Pogba di Manchester United.

INDOSPORT.COM - Manchester United tengah dikaitkan dengan Eduardo Camavinga di bursa transfer, yang dikabarkan sebagai calon pengganti Paul Pogba. 

Belakangan, nama Eduardo Camavinga terus berseliweran di pemberitaan-pemberitaan bursa transfer musim panas 2021. Kubu Setan Merah mungkin hanya satu dari sekian klub yang disebut-sebut ingin menggunakan jasanya.

Bagaimana tidak, wonderkid Prancis tersebut selain masih berusia muda (18 tahun) dan juga begitu mencuri perhatian dengan penampilan-penampilan yang menjanjikan. Ia bahkan dilabeli sebagai The Next Patrick Vieira.

Jika sudah menyeret-nyeret nama legenda sepak bola sebagai label seorang pemain muda, tentu bisa ditebak kira-kira seperti apa kualitas seorang Eduardo Camavinga.

Ia dianggap memiliki gaya bermain yang mirip dengan Patrick Vieira, yakni jago dalam mendikte permainan, sama-sama berasal dari Prancis, juga mengisi posisi gelandang tengah.

Walau bermain sebagai gelandang tengah, ia juga bisa memerankan dua posisi lain yakni gelandang bertahan dan serang.

Musim lalu, lini tengah Manchester United seperti kekurangan keseimbangan. Kerja sama Fred dan Scott McTominay saja sepertinya belum cukup untuk menuntaskan persoalan ini.

Beruntung, Ole Gunnar Solskjaer masih punya Paul Pogba sebagai salah satu pemain yang bisa diandalkan, tentu dibantu seorang gelandang bertahan yang bisa diajak kerja sama.

Apakah sosok gelandang bertahan ini ada pada Eduardo Camavinga? Apakah ia lebih cocok jadi partner Pogba atau justru jadi penggusurnya?

Jika diplotkan untuk membantu Pogba, Camavinga sepertinya masih cukup jauh dari kata layak alias masih butuh bimbingan dan lebih banyak pengalaman, apalagi mengingat usianya kini baru 18 tahun.

Terlebih, meski bisa bermain sebagai gelandang bertahan dan penekel hebat nan agresif, ia lebih suka bergerak ke depan.

Di sisi lain, The Red Devils juga belum berencana melepas Pogba, entah itu ke Juventus atau klub lainnya. Mereka kabarnya masih berusaha mempertahankan pemain Timnas Prancis tersebut agar mengabdi lebih lama di Old Trafford.

Oleh karena itu, jika Camavinga merapat ke Manchester United, alih-alih jadi partner maupun penggusur Paul Pogba, ia lebih cenderung jadi pemain muda yang bisa dimanfaatkan Ole Gunnar Solskaer dalam beberapa tahun ke depan.

Hal ini juga sejalan dengan sudut pandang pakar transfer, Fabrizio Romano. Menurutnya, ketimbang menjadi pengganti Pogba, Camavinga akan diproyeksikan sebagai aset jangka panjang Manchester United.