Liga Italia

Fode Ballo-Toure, Rekrutan AC Milan yang Jadi 'Jinak' Berkat Sepak Bola

Senin, 19 Juli 2021 13:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© AC Milan
Fode Ballo-Toure, pemain yang baru saja didatangkan AC Milan. Copyright: © AC Milan
Fode Ballo-Toure, pemain yang baru saja didatangkan AC Milan.

INDOSPORT.COM - Melihat lebih dekat sosok Fode Ballo-Toure, rekrutan anyar AC Milan yang baru datang dari AS Monaco.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Rossoneri baru saja mendatangkan amunisi baru di bursa transfer musim panas 2021. Kali ini pilihan jatuh pada pemain berdarah Senegal yang pernah membela Prancis, Fode Ballo-Toure.

Pengumuman perekrutan pun sudah secara resmi disampaikan oleh pihak klub. Ini adalah rekrutan kelima mereka setelah berhasil memboyong Mike Maignan, Fikayo Tomori, Sandro Tonali, dan Olivier Giroud.

Ballo-Toure resmi didatangkan pada Minggu (18/07/21) dari AS Monaco dengan total biaya 4,7 juta euro (sekitar Rp80,5 miliar) dan dikontrak selama empat tahun.

Selain itu, sang pemain pun diberi nomor punggung 5 serta diproyeksikan sebagai pelapis Theo Hernandez.

“AC Milan dengan senang hati mengumumkan perekrutan permanen Fode Ballo-Toure dari AS Monaco. Ia telah menandatangani kontrak sampai 30 Juni 2025,” demikian bunyi pernyataan resmi Rossoneri.

Lalu, siapa sih Fode Ballo-Toure?

Fode Ballo-Toure lahir di Prancis pada tanggal 3 Januari 1997. Ia pun jadi salah satu pemain Senegal yang merumput di AC Milan setelah Mohamed Sarr (2001-2002), M'Baye Niang (2012-2015), dan Ameth Lo (2017).

Akan tetapi, berdarah Senegal tidak lantas membuat Ballo-Toure langsung mengabdi untuk negaranya. Ia justru tercatat pernah membela Prancis di level U-16 dan U-21.

Hingga akhirnya, ia pun memilih Timnas Senegal untuk level seniornya dan debut di pertandingan kontra Kongo pada bulan Maret 2021.

Sebelum AC Milan dan AS Monaco, pemain yang berposisi bek kiri tersebut pernah berseragam Lille dan Paris Saint-Germain (PSG).

Ia bahkan terjun ke akademi PSG saat masih berusia 13 tahun dan bermain sebagai winger. Namun seiring berjalannya waktu, perannya pun pelan-pelan berubah menjadi bek kiri.

Sepertinya tidak mengherankan bahwa Ballo-Toure memang diplot sebagai alteratif Theo Hernandez, bek kiri AC Milan yang lebih sering menghabiskan waktu di lapangan dengan menyerang ketimbang bertahan.

Hanya saja, perjuangan Ballo-Toure untuk mencapai level Hernandez masih cukup jauh. Ia masih harus membuktikan diri di hadapan publik San Siro dengan nomor punggung 5 yang diwariskan oleh Diogo Dalot.