Bola Internasional

Ini Alasan Timnas Brasil Bawa Pemain Berusia Hampir 40 Tahun di Olimpiade Tokyo 2020

Selasa, 20 Juli 2021 18:39 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© Getty Images
Ini Alasan Timnas Brasil Bawa Pemain Berusia Hampir 40 Tahun di Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © Getty Images
Ini Alasan Timnas Brasil Bawa Pemain Berusia Hampir 40 Tahun di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Timnas Brasil secara mengejutkan memanggil pemain sepak bola yang berusia hampir 40 tahun yakni Dani Alves untuk mengikuti ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Seperti diketahui, aturan cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 hanya memperbolehkan ada tiga pemain senior di atas usia 23 tahun. Timnas Brasil memanfaatkan aturan tersebut dengan memanggil Dani Alves, Diego Carlos dan Santos Neto.

Pemanggilan Dani Alves ke skuat Brasil bukan tanpa alasan. Pelatih tim Samba bernama Andre Jardine ingin agar eks bintang Barcelona dan PSG itu bisa memberikan pengalamannya kepada para pemain muda.

"Dia (Dani Alves) merupakan panutan yang bagus untuk generasi pemain yang kami miliki. Kami memikirkan pemain yang bersemangat untuk menjadi juara, dia memiliki sejarah pemain yang bergelimang trofi," ujar Jardine dilansir dari Football Espana.

Seperti diketahui, Dani Alves merupakan pemain berusia 38 tahun yang pernah merasakan bermain di klub papan atas Eropa dan memenangkan banyak gelar.

Akan tetapi, rupanya bek yang kini memperkuat klub Brasil, Sao Paulo, itu sebelumnya belum pernah merasakan tampil di Olimpiade. Jadi, Olimpiade Tokyo 2020 akan menjadi pengalaman pertama Dani Alves sepanjang kariernya menjadi pemain sepak bola.

Sementara itu, timnas Brasil tergabung di Grup D Olimpiade Tokyo bersama Jerman, Arab Saudi, dan Pantai Gading. Di laga perdana, mereka sebagai juara bertahan akan bersua Jerman pada 22 Juli 2021 mendatang.