Bola Internasional

5 Wasit Sepak Bola Terkaya di Dunia, Ada yang Jadi Sponsor Pembalap F1

Kamis, 22 Juli 2021 06:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
©
Bjorn Kuipers. Copyright: ©
Bjorn Kuipers.

INDOSPORT.COM - Wasit memiliki peran vital dalam suatu pertandingan sepak bola, yakni sebagai pengadil. Meski begitu, profesi sebagai pengadil di lapangan kerap dipandang sebelah mata.

Dibandingkan pendapatan para pemain dan pelatih, wasit yang perannya terbilang sangat penting dalam suatu pertandingan sepak bola malah memiliki bayaran sangat sedikit.

Di Liga Inggris yang dicap sebagai kompetisi sepak bola terpopuler di dunia, seorang wasit malah mendapat bayaran yang tak terbilang banyak bila dibandingkan gaji para pelaku di dalamnya.

Bayaran untuk pengadil lapangan di Liga Inggris hanya sekitar 1150 poundsterling atau sekitar 23 juta rupiah per laga saja seperti yang dilansir dari laman Goal Internasional.

Jumlah bayaran tersebut hanya untuk para wasit yang memimpin laga di kasta teratas. Alhasil jika dihitung, para wasit di Liga Inggris hanya mengantongi 70 ribu poundsterling atau sekitar Rp1,4 miliar per tahunnya dari bayaran tersebut.

Nilai 70 ribu poundsterling ini terbilang kecil. Apalagi jika dibandingkan dengan bayaran rata-rata pemain yang nilainya bahkan bisa dua kali atau tiga kali lipat hanya dalam satu pekan.

Meski demikian, wasit pun tetap mampu hidup penghasilan yang dimiliki, baik itu didapat dari dalam ataupun dari luar pekerjaannya sebagai pengadil lapangan.

Kira-kira, jika ditilik dari kekayaannya, siapakah 5 wasit terkaya di dunia sepak bola saat ini? Berikut daftarnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%