Bola Internasional

Dmytro Chygrynskiy, 'Thor' Ukraina yang Gagal Total di Barcelona

Jumat, 23 Juli 2021 21:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© LLUIS GENE/AFP via Getty Images
Dmytro Chygrynskiy saat masih di Barcelona. Copyright: © LLUIS GENE/AFP via Getty Images
Dmytro Chygrynskiy saat masih di Barcelona.

INDOSPORT.COM - Masih ingat dengan sosok Dmytro Anatoliyovych Chygrynskiy, pemain asal Ukraina yang pernah merumput di Barcelona?

Meski sosoknya cukup mudah dikenali berkat rambut gondrongnya yang mirip Thor, banyak penikmat sepak bola mungkin masih awam dengan namanya yang sulit dieja, sulit dihapalkan, dan sulit diucapkan tersebut.

Namun terlepas dari tampilan fisik dan namanya yang bikin lidah keseleo, pria yang satu ini memang punya pengalaman yang kurang cemerlang di Barcelona. Jadi, tidak heran apabila orang-orang sedikit lupa tentangnya.

Dmytro Chygrynskiy pernah jadi bagian skuat Blaugrana semasa periode 2009 sampai dengan 2010, setelah memutuskan pergi merantau dari negara asalnya. Ia didatangkan dari Shakhtar Donetsk dengah biaya 25 juta euro.

Pada waktu itu, ia pun mendapat kehormatan sebagai pemain Ukraina pertama yang bermain untuk Barcelona. Momen debutnya adalah melawan Getafe di ajang LaLiga Spanyol pada 12 September 2009.

Asal mula merapatnya Dmytro Chygrynskiy ke Barcelona dimulai dari ketertarikan Pep Guardiola terhadapnya saat gelaran Piala Super UEFA 2009.

Saat itu, ia masih membela Shakhtar Donetsk dan penampilan apiknya berhasil membuat lini depan Barcelona frustrasi, Meski pada akhirnya, Pedro Rodriguez berhasil mencetak satu-satunya gol kemenangan di laga itu.

Shakhtar Donetsk yang sudah kalah pun harus kehilangan Chygrynskiy yang ditaksir Guardiola sebagai kompetitor untuk Carles Puyol dan Gerard Pique.

Hal ini tentu tidak mengherankan, mengingat Chygrynskiy memang dianugerahi fisik yang bongsor dan mumpun sebagai seorang bek. Selain itu, baik postur maupun kepercayaan dirinya pun sama-sama tinggi.