Liga Indonesia

PT LIB Beberkan Syarat yang Wajib Dipenuhi Agar Bisa Ikut Liga 1

Kamis, 5 Agustus 2021 08:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

INDOSPORT.COM - PSSI, PT Liga Indonesia Baru, dan 18 klub menyepakati kick-off Liga 1 2021 pada 20 Agustus. Untuk bisa berkompetisi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya wajib vaksin.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan persyaratan utama untuk bisa masuk stadion adalah menunjukan kartu vaksin. Hal itu merujuk pada penerapan protokol kesehatan karena liga dimainkan di tengah pandemi.

Hal itu tak hanya berlaku bagi klub dan pemain, tapi semua yang terlibat di pertandingan. Apabila ada yang belum menjalani vaksinasi, LIB akan membantu prosesnya.

"Dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Yang jelas, vaksin jadi kewajiban, ini satu persyaratan. Siapa pun yang masuk area pertandingan harus tunjukan kartu vaksin klub," kata Ahmad Hadian Lukita.

"Jadi, untuk klub, mohon kerja samanya, saling jaga diri, tidak keluar dari area yang ditentukan. Nanti satgas Covid-19 yang tentukan apakah bisa masuk atau tidak (ke stadion)," lanjutnya.

Menurut LIB, hampir semua pemain, klub dan perangkat pertandingan yang ikut Piala Menpora 2021 sudah divaksin. Hanya Persipura Jayapura yang belum diketahui karena absen pada kejuaraan pramusim dua bulan lalu.

"Vaksinasi ini akan kami data ulang, kebetulan Persipura tidak ikut di Piala Menpora, dan dalam waktu dekat datanya akan terkumpul, termasuk Liga 2 kalau belum akan kami akan fasilitasi," jelas Ahmad Lukita.