In-depth

Carlos Cuesta: Asisten Arteta di Arsenal yang Jadi Pelatih sejak Usia 19 Tahun

Jumat, 6 Agustus 2021 20:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mengenal Carlos Cuesta, asisten Mikel Arteta di Arsenal yang menguasai 6 bahasa dan mantan pelatih Atletico Madrid serta Juventus.

Biasanya, staf kepelatihan suatu klub papan atas dihuni orang-orang berpengalaman dengan usia di atas kepala 3. Namun, tidak untuk Arsenal yang memiliki Carlos Cuesta.

Sepak bola Eropa memiliki banyak pelatih muda. Salah satunya adalah Julian Nagelsmann yang baru berusia 34 tahun.

Meski berusia 34 tahun, Nagelsmann telah memiliki banyak pengalaman menukangi tim-tim Bundesliga Jerman yang membuatnya dipinang Bayern Munchen.

Jauh sebelumya ada nama Andre Villas-Boas yang menukangi Chelsea di usia 32 tahun. Karena dianggap muda, ia pun harus menerima dirinya didepak.

Nampaknya, fenomena pelatih muda masih akan terus berlanjut nantinya di Eropa seiring hadirnya sosok Carlos Cuesta di Arsenal.

Nama Cuesta sendiri masih begitu asing di telinga pecinta sepak bola. Wajar mengingat ia adalah asisten pelatih, yang banyak bekerja di belakang layar.

Namun, belum lama ini ia mendapat sorotan karena usianya yang baru 26 tahun dan rekam jejaknya sebelum menjadi tangan kanan Arteta.

Lantas, siapakah sosok Carlos Cuesta tersebut? Bagaimana bisa ia yang baru berusia 26 tahun telah ditunjuk sebagai asisten Mikel Arteta di klub sekelas Arsenal?