Bola Internasional

Pernah Tersambar Petir Saat Bermain, Apa Kabar Jonathan Richter?

Senin, 16 Agustus 2021 21:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Lars Ronbog/FrontzoneSport via Getty Images
Jonathan Richter, mantan pesepak bola yang pernah tersambar petir saat bermain. Copyright: © Lars Ronbog/FrontzoneSport via Getty Images
Jonathan Richter, mantan pesepak bola yang pernah tersambar petir saat bermain.

INDOSPORT.COM - Masih ingatkah dengan Jonathan Richter, eks pesepak bola asal Denmark yang pernah tersambar petir saat bermain di lapangan? Bagaimana kabarnya sekarang?

Tahun 2009 nampaknya bakal selalu dikenang oleh Jonathan Richter dan mungkin publik sepak bola dunia yang sudah mengenal namanya pada waktu itu.

Tentu tidak pernah terbesit di benaknya bahwa ia bakal mengalami insiden mengerikan yang sempat membuatnya mengalami henti jantung (cardiac arrest).

Richter yang saat itu berstatus pemain klub Denmark, FC Nordsjaelland, tersambar petir ketika sedang bermain di sebuah laga melawan Hvidovre pada 20 Juli 2009.

Laporan dari The Guardian menyebut bahwa laga tersebut memang dimainkan dalam kondisi hujan badai, yang sejatinya berlangsung tidak begitu lama.

Namun malang tidak dapat ditolak, tiba-tiba kilat menyambar tubuh Richter begitu saja, yang pastinya membuat orang panik setengah mati. Para tenaga medis pun berusaha menyelamatkan dirinya yang saat itu mengalami henti jantung.

Dokter berhasil menghidupkan kembali jantungnya, tetapi dia mengalami koma selama 10 hari. Selain itu, petugas medis juga melihat ada kerusakan parah pada kaki kirinya.

“Kemajuan Jonathan sangat berarti bagi keluarga, teman-teman, dan semua yang terlibat dengan FC Nordsjaelland,” demikian bunyi pernyataan klub pada saat itu.

“Akan tetapi, keluarga sekarang meminta agar semua bisa memberi waktu dan ketenangan untuk Jonathan, karena dia bakal menghadapi rehabilitasi yang berat nanti.

Di rumah sakit, Richter memang mengalami masa-masa yang tidak mudah, termasuk harus melewati proses induksi koma. Untungnya, setelah bangun ia kemudian menunjukkan tanda-tanda positif, yakni mampu berbicara.

Setelah nyawanya berhasil diselamatkan, Richter melalui berbagai macam rehabilitasi dan perawatan untuk memulihkan kondisi tubuhnya.

Hanya saja, pria yang juga punya saudara kembar bernama Simon Richter ini harus rela kehilangan satu kakinya yang diamputasi setelah insiden tersambar petir tersebut. Meski berat, semua dilakukan demi kebaikan dirinya.