Liga Spanyol

Utang Barcelona Menggunung, Laporta Ungkit Lagi Dosa Bartomeu

Selasa, 17 Agustus 2021 04:09 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Joan Laporta blak-blakan jika utang Barcelona sudah kadung menggunung. Presiden terhadulu Josep Maria Bartomeu ia jadikan kambing hitam.

Raksasa Catalan mengalami masalah finansial sejak musim 2020/21 berakhir. Sejumlah pemain bintang masuk dalam daftar cuci gudang setelah Laporta diangkat menggantikan posisi Bartomeu.

Prahara krisis di tubuh Blaugrana kemudian memuncak setelah Lionel Messi angkat kaki dari Camp Nou. La Pulga jadi tumbal buruknya keuangan Barcelona. Meski sudah rela memotong gajinya hingga 50 persen namun itu tak cukup untuk menyeimbangkan neraca keuangan klub.

Belum cukup di situ, bek veteran Gerard Pique juga harus menyunat pendapatannya agar para rekrutan anyar bisa didaftarkan di LaLiga Spanyol.

Usut punya usut, akar permasalahan yang dihadapi Blaugrana lantaran membengkaknya utang klub. Joan Laporta melaporkan jika utang yang ditanggung Barcelona mencapai 1,35 miliar euro (Setara Rp22,8 triliun).

Laporta pun menyalahkan pendahulunya yakni Josep Maria Bartomeu yang ia sebut memberi warisan mengerikan. Karena Bartomeulah, pengeluaran Los Cules dari sisi gaji pemain mencapai 103 persen.