Bola Internasional

UEFA Umumkan Nominasi Pelatih Terbaik Eropa: Guardiola Masuk Lagi

Jumat, 20 Agustus 2021 06:40 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Juni Adi
© Chris Brunskill/GettyImages
Pep Guardiola, pelatih klub Liga Inggris, Manchester City. Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Pep Guardiola, pelatih klub Liga Inggris, Manchester City.

INDOSPORT.COM - Italia kembali mendominasi di ajang penghargaan UEFA. Setelah mengirim pemainnya yakni Jorghinho, Gli Azzuri kembali merajai dengan dipilihnya Roberto Mancini.

Ajang nominasi pemain dan pelatih terbaik UEFA musim 2020/21 seakan jadi milik Italia. Pasalnya, mereka mengirim dua wakilnya sekaligus dalam daftar 2 nominasi terbaik, baik di kategori pemain maupun pelatih.

Di kategori pemain, Jorginho menjadi kandidat kuat pemenang voting setelah berhasil mengantarkan Chelsea menyabet trofi Liga Champions dan membawa negaranya menjuarai Euro 2020.

Tak berhenti pada Jorginho, Italiano kembali mendominasi di ajang penghargaan UEFA dengan mengirim Roberto Mancini dalam nominasi 3 pelatih terbaik Eropa.

Eks pelatih Inter Milan itu dicalonkan jadi pelatih terbaik setelah menorehkan prestasi apik bersama Timnas Italia. Gli Azzuri dibawanya menyabet trofi Euro 2020 setelah harus menunggu selama 53 tahun lamanya.

Namun untuk jadi calon pelatih terbaik, Mancini tak sendirian. Ia harus bersaing dengan dua kompetitornya yang lain yaitu Pep Guardiola dan Thomas Tuchel.

Dipilihnya Guardiola dalam nominasi pelatih terbaik Eropa seolah meneruskan rentetan pengharagaan yang didapatkannya. Awal tahun ini, eks pelatih Barcelona itu sudah diganjar pelatih terbaik sepanjang masa sekaligus pelatih terbaik Premier League.

Rasanya tidak berlebihan jika kita melihat apa yang ditorehkannya selama ini. Pep sapaan akrabnya seolah selalu paralel dengan kesuksesan. Sejak menukangi Barcelona, Bayen Munchen hingga Manchester City ia tak pernah sekalipun gagal mendapatkan trofi, entah di level domestik atau di level kompetisi benua biru.

Prestasinya masih terus berlanjut saat membawa The Citizen meraih trofi Premier League musim 2020/21 dan membawa timnya ke partai final untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Selain Pep Guardiola, satu nama lagi yang jadi kandidat kuat untuk memenangkan penghargaan pelatih terbaik yakni Thomas Tuchel. Pria asal Jerman itu membawa banyak prestasi setelah mengambil alih kursi pelatih Chelsea dari tangan Frank Lampard.

Bersamanya, The Blues jadi kampiun Liga Champions 2020/2021. Tuchel kemudian mengawinkannya dengan trofi Piala Super Eropa 2021 setelah mengalahkan Villarreal via adu penalti.