Bola Internasional

Mengenal George Graham, Sosok yang Membawa Arsenal Meraih Titel Eropa

Sabtu, 21 Agustus 2021 17:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© theguardian
Mantan pelatih Arsenal, George Graham. Copyright: © theguardian
Mantan pelatih Arsenal, George Graham.

INDOSPORT.COM – Arsenal dicap sebagai salah satu klub Inggris yang tak pernah merasakan gelar Eropa. Nyatanya, The Gunners pernah merengkuh trofi kompetisi benua biru berkat sosok George Graham.

Pecinta sepak bola kerap mengolok-olok Arsenal sebagai tim yang tak pernah memenangkan kejuaraan Eropa. Sebagai salah satu tim kaya tradisi, tentu hal tersebut sesuatu yang memalukan.

Sejatinya, Arsenal pernah hampir memutus kutukan tak pernah menjuarai kompetisi Eropa yakni di Liga Champions musim 2005/06.

Kala itu, Arsenal harus rela tumbang dari Barcelona di final dengan skor 1-2 berkat gol telat Juliano Belleti di 10 menit akhir pertandingan.

Selanjutnya, Arsenal berkesempatan meraih titel kejuaraan Eropa lainnya kala lolos ke final Liga Europa 2018/19 bersama sang pelatih spesialis ajang ini, Unai Emery.

Namun lagi-lagi Arsenal harus tumbang di partai puncak dari Chelsea dengan skor besar 1-4 di laga yang berlangsung di Baku, Azerbaijan tersebut.

Setelahnya, Arsenal sulit menembus babak Eropa apalagi memenanginya. Bahkan The Gunners gagal melaju ke UEFA Conference League karena hanya finis di tempat ke-8 Liga Inggris 2020/21.

Meski demikian, sejarah mencatatkan bahwa Arsenal pernah memenangi kejuaraan Eropa. Tak tanggung-tanggung, The Gunners pernah menjuarai dua turnamen Eropa.

Keberhasilan ini sendiri tak lepas dari sosok George Graham. Ia mampu membawa Arsenal menjadi juara dua kompetisi Eropa kala bermain dan sebagai pelatih.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%