Bola Internasional

Takut Ketahuan Taliban, Pesepak Bola Wanita Afghanistan Bakar Jersey

Minggu, 22 Agustus 2021 17:54 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© Beyond Sport
Takut Ketahuan Taliban, Pesepak Bola Wanita Afghanistan Bakar Jersey. Copyright: © Beyond Sport
Takut Ketahuan Taliban, Pesepak Bola Wanita Afghanistan Bakar Jersey.

INDOSPORT.COM - Mantan kapten timnas sepak bola wanita Afghanistan yakni Khalida Popal benar-benar ketakutan setelah negaranya kembali dikuasai oleh kelompok Taliban.

Dilansir dari washingtonpost, Khalida Popal bercerita mengenai kekejaman kelompok Taliban ketika dirinya masih kecil. Pada tahun 1996 hingga 2001 silam, hak kebebasan perempuan Afghanistan benar-benar terbatas.

Khalida Popal tidak mendapatkan hak pendidikan, bahkan ibunya sempat dilempari dengan batu ketika ketahuan sedang bekerja. Akhirnya ia beserta keluarga memutuskan mengungsi dan kembali saat Taliban digulingkan pada 2001 silam.

Setelah tidak ada Taliban, Khalida Popal ikut berjuang untuk hak kebebasan para perempuan. Ia kemudian menjadi salah satu pendiri sepak bola wanita di Afghanistan pada 2007.

Kini dengan masuknya kelompok Taliban, trauma Khalida Popal muncul. Wanita berusia 34 tahun itu kemudian bersuara agar para pemain wanita bersembunyi dan membakar jersey mereka agar tidak ketahuan.

"Hari ini saya menelepon mereka dan memberi tahu mereka, mencatat nama mereka, menghapus identitas mereka, menghapus foto mereka demi keselamatan mereka," ujar Khalida Popal.

"Bahkan saya suruh mereka bakar atau singkirkan  jersey timnas kalian," ucapnya menambahkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%