Bola Internasional

Joe Scally, Penerus Tradisi Wonderkid Amerika Serikat di Bundesliga

Jumat, 27 Agustus 2021 19:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Lars Baron/Getty Images
Joe Scally, pemain Borussia Moenchengladbach. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Joe Scally, pemain Borussia Moenchengladbach.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Bundesliga Jerman kembali kedatangan suplai talenta dari Amerika Serikat, yakni Joe Scally, yang kini membela Borussia Monchengladbach.

Pemain yang berposisi sebagai bek ini baru saja merapat dari klub Major League Soccer (MLS) yakni New York City FC pada akhir musim 2020.

Mungkin untuk saat ini, belum banyak yang mengenal namanya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti ia bisa jadi bintang muda menjanjikan seperti para rekan sekompatriot pendahulunya.

Pasalnya, Bundesliga Jerman sendiri diketahui memang panggung besar untuk para pemain asal Amerika Serikat merumput.

Sebelum ini, nama-nama seperti Christian Pulisic, Weston McKennie, Giovanni Reyna, Matthew Hoppe sudah beken duluan. Lalu ada juga Josh Sargent, Chris Richards, Tyler Adams, John Brooks, dan Timothy Chandler.

Joe Scally pun menambah panjang daftar tersebut dengan sepak terjangnya bersama Borussia Monchengladbach. Ia adalah salah satu talenta potensial di kompetisi Bundesliga Jerman musim 2021-2022 ini.

Berusia 18 tahun, Scally melakoni debut kompetitifnya saat Borussia Monchengladbach menghadapi Kaiserslautern di Piala DFB pada 10 Agustus lalu. Ia pun turut dimainkan di laga besar kontra Bayern Munchen empat hari kemudian.

Meski masih sangat muda, Scally sudah punya mimpi besar yang ingin ia wujudkan bersama Borussia Monchengladbach, yakni membantu tim semaksimal mungkin untuk tampil di Liga Champions, dan pastinya memenangkan trofi.

“Saya pikir, jika Anda tidak ingin memenangkan liga, apa gunanya bermain? Tentu saja kami ingin memenangkan liga, yang merupakan tujuan utama semua orang,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi Bundesliga Jerman.

Terlepas dari itu, Scally juga mengaku ingin mendapat panggilan ke Timnas Amerika Serikat, karena sejauh ini ia hanya sempat bermain di level U-15 dan U-17.

Meski begitu, Scally bukanlah wonderkid biasa di tim junior AS. Pemain yang bernama lengkap Joseph Michael Scally tersebut tercatat berusia lebih muda dari rekan-rekan setimnya saat bermain di U-15 dan U-17.

Sepertinya, kini tinggal menunggu waktu saja ia bakal dipanggil untuk memperkuat tim senior yang diasuh Gregg Berhalter.