In-depth

Patrick Bamford dan Timnas Inggris, Kesabaran yang Membuahkan Hasil

Kamis, 2 September 2021 16:34 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images/ Shaun Botterill
Striker Leeds United, Patrick Bamford, yang bakal segera mencatatkan caps untuk Timnas Inggris. Copyright: © Getty Images/ Shaun Botterill
Striker Leeds United, Patrick Bamford, yang bakal segera mencatatkan caps untuk Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM - Peluang pemain Leeds United, Patrick Bamford, untuk debut di tim senior Inggris kini sudah terbuka lebar.

Pemain berusia 27 tahun tersebut baru saja mendapat panggilan dari Gareth Southgate untuk masuk skuat The Three Lions.

Southgate menilai, Kualfikasi Piala Dunia 2022 adalah ajang yang tepat bagi Bamford untuk memulai caps bersama Timnas Inggris, mimpi yang sudah diidam-idamkan sang pemain sejak lama.

Kesempatan ini pun tidak lepas dari sepak terjang impresif Bamford di level klub. Ya, bersama Leeds United dan Marcelo Bielsa, ia kini menjelma sebagai salah satu pemain yang patut diperhitungkan di Liga Inggris.

Kariernya kini telah meroket dan berbeda 180 derajat ketika saat masih berseragam Chelsea. Di klub Liga Inggris asal London tersebut, ia hanya spesialis pemain pinjaman yang berkali-kali dikirim ke klub lain alih-alih dipertahankan di tim utama.

Beruntung, Leeds United berhasil ‘menyelamatkan’ kariernya yang bisa saja makin kelam jika terus-terusan bersama The Blues.

Selain menjadi pesaing yang lumayan bagi para striker langanan di daftar top skor Liga Inggris, Bamford pada akhirnya berhasil menarik perhatian Gareth Southgate.

“Sekarang adalah kesempatan bagi Patrick sebagai nomor sembilan juga. Kemajuannya bersama Leeds sangat bagus,” demikian kata Southgate, seperti pernah diwartakan laman Sky Sports.

“Musim lalu ia sudah sangat dekat bergabung dan kini adalah kesempatan bagus baginya untuk datang kembali,” tambah pelatih yang baru saja membawa Timnas Inggris ke final Euro 2020 tersebut.

Pemanggilan Patrick Bamford ke skuat The Three Lions tentu membawa kebahagiaan tersendiri bagi sang pemain. Apalagi, ia adalah sosok yang sangat mencintai Inggris, meski sempat membela Timnas Irlandia beberapa tahun lalu.

Untuk diketahui, Bamford pernah tercatat sebagai pemain muda Timnas Irlandia pada 2010 silam, saat usianya masih 18 tahun. Setelah itu, ia memilih membela Inggris di level U-18, U-19, dan U-21.

Garis keturunan Irlandia Bamford sendiri berasal dari kakek dan neneknya. Sementara itu, Inggris adalah negara tempat ia dilahirkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%