Liga Indonesia

3 Fakta Ronaldo Kwateh, Pemain Termuda di Liga 1 yang Jarang Diketahui Publik

Minggu, 5 September 2021 17:08 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pekan pertama kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, BRI Liga 1 2021 telah menorehkan sejumlah rekor baru salah satunya soal pemain termuda yang tampil bersama klubnya.

Dia adalah Ronaldo Kwateh. Pemain sayap milik Madura United ini menorehkan sejarah baru di sepak bola Indonesia dengan menjadi pemain termuda, yang tampil di era Liga 1 pada usia 16 tahun 10 bulan 15 hari.

Ronaldo tampil membela Madura United saat melawan Tira-Persikabo dalam pekan perdana Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Jumat (03/09/21) lalu.

"Saya bersyukur diberikan kesempatan berlaga oleh pelatih. Saya senang dengan debut ini," ujar Ronaldo Kwateh usai laga.

Putra dari pesepak bola Roberto Kwateh itu memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh penyerang sayap Persebaya Mochammad Supriadi yang melakukan debut pada umur 17 tahun tiga bulan satu hari.

Namun secara lebih luas, Ronaldo Kwateh bukanlah pemain termuda yang tampil di sepak bola Indonesia. Rekor tersebut masih dipegang oleh gelandang Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu.

Ramdani menjalani laga profesional pertamanya bersama skuad Macan Kemayoran pada usia 15 tahun. Pada tahun 2007, dia diturunkan dalam laga Divisi Utama Liga Indonesia oleh pelatih Sergey Dubrovin.

Sementara itu, terkait keputusannya menempatkan Ronaldo di jajaran sebelas pertama saat bersua Tira Persikabo, pelatih Rahmad Darmawan menyebut bahwa itu tak lepas dari performa sang pemain saat latihan.

"Saya tak pernah melihat usia. Siapa pun yang menunjukkan dia mampu bersaing dalam sesi latihan akan saya turunkan," tutur pria yang karib disapa RD.

"Untuk Ronaldo, saya ikut senang dengan debutnya dan mudah-mudahan performanya terus meningkat,"

"Saya minta jangan cepat puas dan selalu mengasah diri karena performa dia sejatinya belum maksimal walau sudah cukup baik," tukasnya.

Dalam laga yang berakhir dengan hasil imbang 1-1 itu, Ronaldo Kwateh tak bermain penuh saat berhadapan dengan Tira Persikabo. Dia digantikan oleh Bayu Gatra pada menit ke-61. Lantas bagaimana profil Ronaldo Kwateh? berikut ulasannya: