Bola Internasional

Guinea, Pabrik Bintang Sepak Bola Eropa yang Dilanda Gejolak Politik

Rabu, 8 September 2021 07:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© en.africatopsports.com
Guinea, Pabrik Bintang Sepak Bola Eropa yang Dilanda Gejolak Politik Copyright: © en.africatopsports.com
Guinea, Pabrik Bintang Sepak Bola Eropa yang Dilanda Gejolak Politik

INDOSPORT.COM – Melihat kekuatan sepak bola Guinea, negara yang jadi pabrik bintang lapangan hijau tim-tim Eropa namun kini tengah dilanda gejolak politik dalam negeri.

Guinea sendiri belakangan memang jadi perhatian publik internasional. Sebab, negara di kawasan Afrika Barat tersebut sedang bergejolak di mana sang Presiden Alpha Conde dikabarkan diculik serta sekelompok pasukan khusus berhasil mengkudeta pemerintahan.

Melansir dari kantor berita AFP, disebutkan bahwa junta tentara yang telah mengambil alih Guinea sejak Minggu (05/09/21) lalu, melakukan penutupan perbatasan jalur darat dan udara.

Junta militer Guinea juga mengatakan bahwa mereka akan bertemu dengan para menteri kabinet Conde dan pejabat tinggi lainnya pada Senin (06/09/21) pukul 11 ​​pagi waktu setempat di ibu kota Conakry.

Akibat gejolak politik ini, beberapa event termasuk sepak bola di Guinea pun sempat terhambat.

Bahkan, laga kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Guinea vs Maroko hari Minggu (05/09/21) lalu sampai harus ditunda demi keamanan para pemain.

"Situasi politik dan keamanan saat ini di Guinea cukup bergejolak dan sedang dipantau secara ketat oleh FIFA dan CAF."

"Untuk memastikan keselamatan dan keamanan semua pemain dan untuk melindungi semua ofisial pertandingan, FIFA dan CAF telah memutuskan untuk menunda pertandingan,” tulis pernyataan FIFA beberapa saat pasca meletusnya kudeta Guinea.

Di ranah sepak bola, nama Guinea memang tidak terlalu diperhitungkan bahkan untuk kawasan benua Afrika sendiri.

Terbukti, negara berperingkat 77 FIFA ini hanya bisa sekali menjadi runner up ajang Africa Cup of Nations atau Piala Afrika di tahun 1976 silam.

Untuk kawasan Afrika Barat, nama Guinea masih kalah pamor dengan Senegal, Mali, Ghana, Pantai Gading hingga Nigeria yang kerap tampil di gelaran Piala Dunia. Sementara Guinea belum sekalipun mentas di kompetisi tersebut.

Namun meski kekuatan timnas mereka tidak terlalu diperhitungkan di level internasional, bahkan di kawasan Afrika sekalipun, faktanya banyak pemain asal Guinea yang bisa berkarier dan jadi tumpuan klub-klub besar Eropa.

Letak negara yang berdekatan dengan negara-negara seperti Prancis, Portugal dan Spanyol jadi alasan mengapa banyak pemain Guinea bisa mentas di kompetisi top Eropa.

Selain itu, bakat alami khususnya kecepatan serta nilai beli yang jauh lebih murah ketimbang pemain Eropa, membuat bintang-bintang muda Guinea cepat laris di bursa transfer.