In-depth

Thomas Delaney: Andalan Borussia Dortmund dan Denmark yang Menderita Buta Warna

Kamis, 9 September 2021 10:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Lars Baron/Bongarts/Getty Images
Jonas Hofmann melakukan pelangggaran terhadap Thomas Delaney di stadion Borussia-Park. Lars Baron/Bongarts/Getty Images Copyright: © Lars Baron/Bongarts/Getty Images
Jonas Hofmann melakukan pelangggaran terhadap Thomas Delaney di stadion Borussia-Park. Lars Baron/Bongarts/Getty Images

INDOSPORT.COM – Menjadi pesepak bola bukan berarti seorang pemain haruslah memiliki fisik yang sempurna. Hal tersebut berlaku untuk Thomas Delaney yang mengidap buta warna.

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang mengandalkan ketahanan fisik untuk bertanding. Hampir seluruh organ dalam tubuh berfungsi untuk memainkan olahraga ini.

Terlebih di era modern saat ini. Sepak bola tak hanya sebagai permainan, namun juga sebuah kompetisi yang membutuhkan adu strategi serta adu fisik.

Oleh karenanya, dibutuhkan fisik sempurna agar bisa terus bermain. Tak jarang, beberapa pemain bahkan harus gagal mewujudkan mimpinya sebagai pesepak bola karena penyakit yang diderita.

Namun kasus mengidap penyakit tak berlaku untuk sosok Thomas Delaney yang terus bermain dan bahkan kali ini menjadi andalan Borussia Dortmund dan tim nasional Denmark.

Penyakit buta warna yang diidapnya tak membuat Delaney patah arang dan masih aktif bermain hingga usianya menginjak 30 tahun.

Apa yang dialami Delaney hampir sama dengan Edgar Davids yang mengidap Glaukoma. Bedanya, Davids bisa memakai alat bantu berupa kacamata untuk tetap aktif bermain.

Meski tak memiliki alat bantu, Delaney tetap mampu bermain di pentas teratas dan bahkan menjadi andalan bagi Dortmund dan Denmark di berbagai laga internasional.

Bagaimana kisah Thomas Delaney hingga berani buka-bukaan tentang penyakit buta warna yang bisa membuat kariernya di sepak bola hancur seketika?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%