Bola Internasional

5 Kiper yang Pernah Jadi Top Skor untuk Klubnya

Sabtu, 11 September 2021 11:14 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© fmmvibe.com
Rodrigo Ceni penjaga gawang Sao Paulo. Copyright: © fmmvibe.com
Rodrigo Ceni penjaga gawang Sao Paulo.

INDOSPORT.COM – Tugas utama kiper adalah menjaga gawang dari kebobolan. Namun, sederet penjaga gawang ini malah juga bertugas sebagai pencetak gol sehingga menjadi top skor klub.

Semua pecinta sepak bola pasti sepakat bahwa menjaga gawang dan mencetak gol adalah hal berseberangan. Sehingga sulit bagi seorang kiper mencetak gol atau bagi pemain lain untuk menjadi seorang kiper.

Akan tetapi tetap saja ada kiper yang kerap membantu serangan baik itu lewat golnya atau lewat gaya bermainnya yang unik.

Di sepak bola modern ini ada nama Manuel Neuer yang mempopulerkan kembali peran Sweeper Keeper di mana seorang penjaga gawang juga harus berkontribusi dalam menyerang.

Kontribusi itu dilakukan Neuer lewat akurasi umpannya atau pun ketenangannya saat mendapat bola dari kaki rekannya.

Dengan hadirnya peran Sweeper Keeper, maka sebuah tim akan unggul di mana permainan akan berjalan 11 melawan 10.

Selain berkontribusi dengan umpan atau operan, kiper juga bisa berkontribusi dalam menyerang lewat gol-golnya terutama di menit-menit krusial.

Sebagai contoh ada gol Alisson Becker yang membawa Liverpool menang di detik-detik akhir pertandingan pasca tandukannya menjebol gawang West Bromwich Albion musim lalu.

Berbicara soal kiper mencetak gol, terdapat beberapa kiper di dunia ini yang rutin mencetak gol setiap laga sehingga ia menjadi top skor untuk klubnya. Memang ada?

Berikut 5 kiper yang tak hanya andal mengawal gawang namun juga andal mencetak gol sehingga menjadi top skor klubnya dalam satu musim.