Bola Internasional

3 Mantan Pemain Top nan Sukses yang Gagal Total Saat Jadi Pelatih

Minggu, 19 September 2021 22:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Thierry Henry saat melatih AS Monaco. Copyright: © Getty Images
Thierry Henry saat melatih AS Monaco.

INDOSPORT.COM - Pelatih maupun manajer memang profesi yang sering diambil para mantan pesepak bola top dunia, baik itu di Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, maupun yang lain.

Tidak jarang pula mereka yang besar di sebuah liga memilih lanjut berkarier sebagai juru taktik tim tertentu di liga tersebut. Salah satu contoh yang paling valid dan mudah adalah Zinedine Zidane di Real Madrid.

Namun tidak sedikit pula pelatih atau manajer yang memilih awal kariernya di liga lain, seperti Steven Gerrard di Glasgow Rangers. Lalu ada juga yang memulai dari tim junior, macam Xabi Alonso misalnya.

Namun tentu saja, tidak semua mantan pemain bisa mendulang kesuksesan serupa ketika mereka jadi pelatih atau manajer. Jelas, memberi arahan dan memikirkan taktik adalah hal berbeda dari bermain di lapangan.

Steven Gerrard mungkin salah satu contoh mantan pemain yang kini sukses di klub yang menaunginya. Ia membawa Glasgow Rangers meraih juara Liga Primer Skotlandia, setelah kurang lebih tiga tahun menangani The Gers.

Ada yang sukses, tentu ada yang gagal. Tidak semua mantan pemain seberuntung Steven Gerrard atau Zinedine Zidane yang bersinar bersama timnya dan meraih trofi.

Nah, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com sajikan tiga mantan pemain sepak bola top serta ternama, yang ternyata justru gagal total ketika alih profesi sebagai pelatih/manajer sebuah tim. Siapa saja?

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
25%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%