In-depth

Asier del Horno: Pernah Usik Messi dan Punya Karier Singkat di Chelsea

Minggu, 19 September 2021 21:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Asier del Horno, sosok yang satu ini dikenal sebagai eks pemain Chelsea yang pernah melakukan tekel mengerikan kepada Lionel Messi.

Peristiwa tersebut terjadi di Stamford Bridge saat leg pertama 16 besar Liga Champions 2005-2006 silam. Ya, saat itu La Pulga masih sangat muda dan belum lama main bersama tim senior Barcelona.

Pertemuan Asier del Horno dan Lionel Messi di lapangan waktu itu dilatarbelakangi oleh posisi keduanya yang kerap saling berhadapan satu sama lain. Tidak jarang mereka harus berhadapan one on one untuk memenangkan bola.

Messi sendiri saat itu beroperasi sebagai pemain sayap kanan, yang harus menghadapi Del Horno yang berposisi sebagai bek kiri. Hingga akhirnya, duel dua pemain ini terpaksa diwarnai tekel horor oleh sang penggawa Chelsea.

Del Horno terlihat melayangkan serangan keras yang kemudian mengenai lutut Messi. Untungnya, meski mengalami tekel mengerikan, La Pulga masih bisa bangkit dan melanjutkan permainan.

Akan tetapi, tidak demikian dengan Del Horno yang dihadiahi kartu merah oleh wasit. Alhasil, Chelsea pun harus melanjutkan penampilan mereka dengan kekuatan 10 pemain.

Pertandingan ini pun berakhir dengan kemenangan tim tamu 2-1. Uniknya, satu gol untuk masing-masing tim tercipta dari aksi bunuh diri pemain lawan.

Thiago Motta membuka keunggulan untuk Barcelona lewat gol bunuh dirinya pada menit ke-59. Sementara itu, The Blues juga menghadiahi lawannya tersebut sebuah gol dari John Terry pada menit ke-72.

Ketika kedudukan sama kuat 1-1, Samuel Eto’o tampil sebagai pahlawan dengan menceploskan bola ke gawang Chelsea pada menit ke-80. Kedudukan ini bertahan sampai wasit meniup peluit tanda laga berakhir.

Di leg kedua, Barcelona yang gantian menjadi tuan rumah hanya bisa bermain imbang 1-1. Masing-masing gol untuk kedua kubu diciptakan oleh Ronaldinho dan Frank Lampard. Blaugrana unggul agregat 3-2 dan melaju ke fase selanjutnya.