In-depth

Han Kwang-song, Eks Juventus Asal Korea Utara yang Menghilang

Senin, 20 September 2021 21:02 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© lazone
Han Kwang-song saat masih di Juventus. Copyright: © lazone
Han Kwang-song saat masih di Juventus.

INDOSPORT.COM - Han Kwang-song, jika mendengar nama ini, orang-orang mungkin akan mengingat sosok pemuda asal Korea Utara yang pernah membela Juventus.

Ya, Han Kwang-song memang pernah berseragam Bianconeri selama periode 2019 sampai dengan 2020. Selama berkarier di Italia, ia meraih predikat pemain Korea Utara pertama yang bermain di kompetisi negeri ini.

Publik sepak bola mungkin sudah familier dengan para bintang lapangan hijau yang berasal dari Korea Selatan seperti Son Heung-min, Park Ji-sung, Hwang Hee-chan, Cha Bum-kun, Ki Sung-yueng, atau Ahn Jung-hwan.

Nama yang terakhir disebut juga pernah merumput di Liga Italia, begitu pula Lee Seung-woo. Namun mereka berasal dari Korea Selatan, yang memang punya cukup banyak wakil di kancah sepak bola dunia.

Korea Utara sedikit berbeda. Tidak banyak pemain yang namaya familier di telinga penggemar olahraga ini. Tapi setidaknya, Han Kwang-song pernah membawa nama harum negaranya di Liga Italia.

Daerah asalnya yang bisa dibilang ‘tidak biasa’ pun membuat Han Kwang-song lebih mudah dikenali dan diidentifikasi eksistensinya. “Oh! Di Liga Italia, cuma dia pemain dari Korea Utara” mungkin akan terlontar dari mulut orang-orang.

Sebelum dikenal sebagai pemain Juventus, Han Kwang-song sudah terlebih dahulu mengibarkan namanya sebagai pemain pertama asal Korea Utara yang mencetak gol di Serie A Liga Italia, saat masih berseragam Cagliari.

Pada tahun 2017, ia mencetak gol ke gawang Torino dan predikat tersebut pun langsung diraihnya secara instan. Tentu saja, pemain Korea Utara mana lagi yang bisa menyainginya?

Han Kwang-song kemudian dilepas sebagai pemain pinjaman ke tiga klub, termasuk Juventus, yang sempat memanggilnya ke tim utama untuk pertandingan melawan Lecce di Serie A Liga Italia pada tahun 2019. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
50%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%