Liga Indonesia

BRI Liga 1 2021, Contoh Nyata Gairahkan Event Olahraga di Masa Pandemi

Senin, 4 Oktober 2021 21:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Bali United.
Aksi Ilija Spasojević di laga Borneo FC vs Bali United dalam lanjutan Liga 1 2021. Copyright: © Bali United.
Aksi Ilija Spasojević di laga Borneo FC vs Bali United dalam lanjutan Liga 1 2021.

INDOSPORT.COM - BRI Liga 1 2021/2022 telah berjalan selama enam pekan. Kompetisi kasta teratas ini berlangsung sukses, tanpa hambatan besar meski dimainkan di tengah pandemi.

Sejauh ini tak ada laporan ada kluster baru penyebaran covid-19 di BRI Liga 1. Kabar baik itu tak lepas dari penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Serta komitmen kuat PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator, PSSI, klub dan semua yang terlibat di selama pertandingan.

Semua orang yang hadir dipertandingan BRI Liga 1 2021/22 wajib mengikuti protokol kesehatan tanpa terkecuali.

Swab PCR, swab antigen, memakai masker, jaga jarak hingga wajib vaksin lengkap (dua kali) adalah syarat wajib masuk stadion.

Khusus pemain dan perangkat pertandingan, pemeriksaan kesehatan dilakukan secara ketat, baik sebelum dan sesudah pertandingan.

Semua tim  melakukan pendeteksian dini covid-19 sebelum tiba di hotel tempat mereka menginap saat menjalani laga.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang sempat hadir di laga pekan kedua BRI Liga 1 2021 di Stadion Pakansari, Bogor mengapresiasi kinerja LIB dan PSSI.

"Apa yang saya lihat, sejak saya datang kemudian melihat pertandingan dengan penerapan protokol kesehatan, sudah sesuai dengan apa yang dipersentasikan oleh PSSI maupun PT LIB," ujar Menpora.

BRI Liga 1 memang layak dijadikan parameter bagi cabang olahraga lain yang akan menggelar event olahraga skala besar maupun kecil.

Penerapan protokol kesehatan, konsistensi serta komitmen yang dijalankan LIB dan PSSI membuat kompetisi disambut antusias sejauh ini.

"So far, so good. Prokes hanya laporan minor, misalnya masih ada 1-2 orang yang memakai maskernya belum sempurna dan zero covid," ungkap Direktur Utama PT LIB, Ahmad Hadian Lukita ke INDOSPORT.COM.

"Betul, bisa dibilang BRI Liga 1 pelopor untuk event olahraga lain, bahkan event umum karena pemerintah mulai pertimbangkan untuk izinkan," imbuhnya.

Meski dimainkan tanpa penonton, BRI Liga 1 2021/2022 tetap disambut antusias besar oleh penggemar sepak bola.

Setiap tayangan di televisi nasional, live streaming maupun konten di media sosial dibanjiri komentar dari suporter 18 klub peserta.

Dalam enam pekan BRI Liga 1 2021 di seri pertama, Bhayangkara FC sukses memimpin klasemen sementara dengan raihan 16 poin. The Guardian unggul empat poin dari pesaing terdekat PSIS Semarang dan Bali United di urutan dua dan tiga.

Selanjutnya, Seri Kedua BRI Liga 1 2021/2022 akan dimainkan di daerah Jawa Tengah pada 15 Oktober hingga 6 November mendatang.