Liga Inggris

Resmi! Juara Liga Inggris dan Eks Juru Taktik Chelsea Jadi Pelatih Baru Watford

Senin, 4 Oktober 2021 23:21 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Michael Regan/Getty Images
Mantan pelatih Leicester City, Claudio Ranieri berpotensi gantikan Walter Mazzarri sebagai pelatih Watford. Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Mantan pelatih Leicester City, Claudio Ranieri berpotensi gantikan Walter Mazzarri sebagai pelatih Watford.

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih Chelsea dan peraih gelar Liga Inggris bersama Leicester, Claudio Ranieri, resmi ditunjuk membesut Watford menggantikan Xisco Munoz yang dipecat.

Liga Inggris 2021/2022 akhirnya memakan korban perdana dari kursi kepelatihan. Xisco Munoz resmi didepak oleh Watford, yang menjadikan dirinya pelatih pertama yang kehilangan pekerjaan musim ini.

Dilansir dari rilis resmi Watford, performa negatif menjadi alasan utama didepaknya Munoz dari kursi pelatih setelah kedua belah pihak bekerja sama selama kurang dari 10 bulan.

Munoz adalah sosok penting yang membawa Watford meraih promosi ke kasta teratas Liga Inggris. Datang menggantikan Vladimir Ivic pada Desember 2020, ia sukses mengantarkan The Hornets finis di posisi ke-2 Championship musim lalu.

Watford sejatinya saat ini berada di posisi 15 klasemen Liga Inggris, alias di luar zona degradasi dengan 7 poin dari 7 laga. Namun, catatan itu rupanya tak cukup memuaskan bagi manajemen.

The Hornets pun langsung bergerak cepat mencari penggantinya. Jurnalis papan atas Fabrizio Romano menyebut Watford telah menunjuk Claudio Ranieri sebagai pelatih anyar.

Lebih lanjut, Romano menyebut Ranieri diikat dengan kontrak berdurasi 2 tahun. Laga melawan Liverpool pada 16 Oktober nanti seusai jeda internasional bakal menjadi pertandingan pertama sang pria Italia bersama tim barunya.

Watford pun menjadi klub Inggris keempat dalam karier kepelatihan Claudio Ranieri. Sebelumnya, ia pernah memimpin Chelsea, Leicester City, dan terbaru Fulham.

Meski gagal meraih gelar juara bersama Chelsea, Ranieri berhasil membawa Leicester City menjuarai Liga Inggris pada musim 2015/2016 lalu, yang juga menjadi gelar pertama bagi The Foxes.

Ranieri dikenal sebagai pelatih yang kaya pengalaman. Ia mengawali karier kepelatihannya di Italia dan sempat melatih sejumlah tim seperti Napoli dan Fiorentina, sebelum melanglang buana ke Spanyol untuk membesut Valencia dan Atletico Madrid.

Setelah itu, ia memimpin Chelsea dan sempat kembali ke Spanyol sejenak sebelum pulang ke Italia untuk melatih Parma, Juventus, AS Roma, dan Inter Milan secara berurutan.

Ranieri bahkan juga sempat membesut timnas Yunani dan melatih di Prancis bersama AS Monaco dan Nantes.