Bola Internasional

Kenapa Pemain Asal Brasil Laris Manis di Dunia Sepak Bola?

Selasa, 5 Oktober 2021 17:32 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Conmebol
Skuat Brasil di final Copa America 1999. Copyright: © Conmebol
Skuat Brasil di final Copa America 1999.

INDOSPORT.COM – Pesepak bola asal Brasil selalu menjadi primadona bagi klub-klub di seluruh dunia. Mengapa para pemain negeri Samba banyak diminati oleh klub-klub di dunia?

Brasil menjadi salah satu negara gudang sepak bola. Tak terhitung berapa banyak sudah negara asal Amerika Latin tersebut mengirimkan talenta-talentanya ke berbagai negara.

Menurut laman Football Observatory, per Mei 2017 Brasil menjadi negara pengekspor pemain sepak bola terbanyak di dunia saat ini.

Dari data yang diambil dari 197 liga dari 93 negara, Brasil telah mengirim 1202 pemain yang disusul oleh Prancis dengan dengan 781 pemain dan Argentina dengan 753 pemain.

Untuk liga di Indonesia atau Liga 1, pemain asal Brasil menjadi pemain asing yang paling diminati. Untuk musim 2021-2022, per September 2021 terdapat 29 pemain asal negeri Samba di BRI Liga 1 2021-2022.

Banyaknya pemain asal Brasil yang  merumput di berbagai liga-liga dunia membuat banyak orang bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Banyak jawaban untuk memecahkan pertanyaan publik tersebut, apalagi jika melihat kultur Brasil yang identik dengan si kulit bundar.

Sebagaimana diketahui, Brasil merupakan negara tersukses di sepak bola dengan 5 gelar Piala Dunia. Hal ini seakan menjadi bukti bahwa sepak bola merupakan barang wajib yang harus dikuasai masyarakat negeri Samba.

Lalu selain karena kultur, apa lagi alasan yang membuat pemain Brasil begitu diminati oleh banyak klub dari berbagai belahan dunia saat ini?