Bola Internasional

Sempat Dikritik Bersama Prancis, Mbappe Tetap Dibutuhkan Deschamps

Kamis, 7 Oktober 2021 21:03 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© David Lidstrom/Getty Images
Striker timnas Prancis, Kylian Mbappe. Copyright: © David Lidstrom/Getty Images
Striker timnas Prancis, Kylian Mbappe.

INDOSPORT.COM - Nada miring yang belakangan ini kerap dilontarkan untuk performa Kylian Mbappe bersama tim nasional Prancis tidak membuat Didier Deschamps terpengaruh. Pelatih Les Bleus tersebut percaya jika Mbappe tetaplah pemain penting untuk negaranya.

Hal ini Deschamps ungkapkan setelah Mbappe secara terbuka mengatakan siap diistirahatkan dulu dari tugas negara karena dinilai terlalu egois di atas lapangan. Bintang Paris Saint-Germain tersebut tidak keberatan apabila Prancis bisa bermain lebih apik tanpa keberadaannya.

Kritik pada Mbappe sendiri mulai kencang dilontarkan usai Prancis tersingkir secara prematur di babak 16 besar Euro 2020 lalu di tangan Swiss. Sang penyerang 22 tahun dianggap terlalu banyak melewatkan peluang emas akibat terlalu bergantung pada skill-nya sendiri.

Meski demikian nama Mbappe tetap masuk dalam daftar 23 pemain untuk laga semi final UEFA Nations League melawan Belgia pada Jum'at (08/10/2021) mendatang. Kemungkinan besar Deschamps bahkan akan kembali memberinya tempat di starting XI.

"Kylian bukan pemain yang susah untuk ditangani. Layaknya pemain Prancis lain, ia punya kemampuan menjadi pembeda dalam pertandingan. Bukan berarti ia pemain yang mengganggu kolektivitas tim," papar Deschamps seperti yang dilansir oleh Le Parisien.

"Dengan adanya Kylian, Prancis menjadi kesatuan yang lebih baik. Aku lebih memilih untuk punya pemain sepertinya daripada tidak,"

"Jujur saja lebih banyak manajer yang merasa kesulitan mengatur pemain di liga-liga yang lebih rendah kastanya. Kylian adalah sosok vital bagi kami dan itu tidak perlu diragukan lagi," tambah eks bos Juventus dan Olympique Marseille tersebut.