Liga Inggris

Kisah Tragis John Cofie, Eks Bintang Muda Man United yang Pensiun di Usia 27 Tahun

Rabu, 13 Oktober 2021 15:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Getty Images
John Cofie, eks pemain Manchester United. Copyright: © Getty Images
John Cofie, eks pemain Manchester United.

INDOSPORT.COM – Manchester United banyak memiliki pemain berbakat di akademinya. Namun, tak jarang pemain berbakat ini melempem saat dewasa, salah satunya adalah John Cofie.

John Cofie merupakan pemain muda yang pernah diboyong Manchester United. Ia merupakan pemain akademi Setan Merah seangkatan dengan Paul Pogba dan Jesse Lingard.

John Cofie merupakan pesepak bola keturunan Ghana yang merumput di Inggris. Ia lahir di Ghana pada 21 Januari 1993 dan menjadi imigran ke Inggris bersama orang tuanya.

Saat kecil, bakat sepak bola John Cofie telah terlihat. Ia bahkan menarik minat Burnley yang kemudian merekrutnya dan membinanya.

Bakat John Cofie di usia muda pun menjadi perbincangan di Inggris. Burnley bahkan pernah menolak tawaran 250 ribu poundsterling untuknya yang baru berusia 14 tahun. Selain The Reds, ada pula Chelsea yang tertarik padanya dan Manchester United.

Nama terakhir pun berhasil merekrutnya. Mahar 1 juta poundsterling dikeluarkan Man United untuk menggoda Burnley agar melepas John Cofie.

Akhirnya John Cofie hijrah ke akademi Man United. Mahar 1 juta poundsterling lantas membuatnya menjadi remaja termahal kala itu.

Pada 2010, John Cofie pun menandatangani kontrak profesionalnya bersama Man United. Saat itu, ia tergabung dalam akademi Setan Merah bersama Paul Pogba dan Jesse Lingard.

Bahkan, ketiganya berhasil mengantarkan Man United menjuarai FA Youth Cup pada 2011. Sayang, karier John Cofie tak sama dengan dua rekannya itu.

Di usia matangnya sebagai pesepak bola, yakni 27 tahun, John Cofie memutuskan pensiun dari dunia sepak bola yang telah mengangkatnya. Apa alasannya?