In-depth

Kisah Unik Paul McShane, Usia 35 Tahun Main di Manchester United U-21

Jumat, 15 Oktober 2021 18:07 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Manchester united
Paul McShane, pemain yang baru saja kembali ke Manchester United. Copyright: © Manchester united
Paul McShane, pemain yang baru saja kembali ke Manchester United.

INDOSPORT.COM - Mungkin berat perjalanan karier yang harus dilalui Paul McShane, pemain berusia 35 tahun yang ditempatkan di tim muda Manchester United.

Namun usut punya usut, ternyata ini bukan kali pertama bagi sosok yang satu ini berseragam The Red Devils.

Ya, dia bukan pemain baru berusia 35 tahun dari antahberantah yang ‘dicemplungkan’ begitu saja ke level U-21 atau U-23. Paul McShane pernah menimba ilmu di Manchester United saat kecil, bahkan bermain di final FA Youth Cup 2003.

Hanya saja, nasib baik agaknya belum mau menaungi dirinya saat itu. Alih-alih memanjat naik ke level yang lebih tinggi, ia tidak pernah debut di tim senior Manchester United.

Pemain kelahiran 6 Januari 1986 tersebut cuma dimainkan di beberapa pertandingan pramusim lalu hengkang ke Brighton & Hove Albion pada musim panas 2006, sebagai objek pertukaran dengan Tomasz Kuszczak.

Sejak saat itu, kariernya tidak pernah sampai ke tingkat tertinggi. Paul McShane tercatat membela sejumlah klub seperti Sunderland, Hull City, dan Reading sebelum turun level ke kompetisi League One.

Pada awal musim 2019-2020 ia bergabung dengan Rochdale dan menikmati rasanya bermain di kompetisi kasta ketiga Liga Inggris.

Ia bertahan di tempat ini selama kurang lebih dua tahun, sampai akhirnya kenangan masa lalunya datang lagi. Manchester United mengetuk pintu untuk merekrutnya kembali ke Old Trafford.

Kembali berseragam The Red Devils, Paul McShane sudah kehilangan bertahun-tahun waktunya jauh dari klub masa kecilnya tersebut. Meski ibarat anak yang pulang dari rantau, usianya kini sudah tidak muda lagi.

Tentu sangat disayangkan lantaran masa-masa produktifnya sebagai pemain sepak bola tidak bisa ia habiskan di Manchester United, namun ada kalimat bijak yang berkata, lebih baik terlambat ketimbang tidak sama sekali.