Bola Internasional

La Catedral: Penjara yang Jadi Arena Bintang Sepak Bola Ciptaan Pablo Escobar

Jumat, 15 Oktober 2021 12:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© fox news
Penjara La Catedral Copyright: © fox news
Penjara La Catedral

INDOSPORT.COM – Tak ada yang memungkiri kedekatan kartel narkoba asal Kolombia, Pablo Escobar dengan sepak bola. Bahkan ia bisa menyulap penjara bernama La Catedral menjadi arena bintang.

Pablo Escobar sendiri menjadi salah satu figur penting bagi Kolombia. Meski berbisnis barang haram berupa narkotika, ia tetap memiliki jasa membangun perekonomian dan sumber daya manusia di sekitar Medelline.

Salah satu jasa Escobar bagi Kolombia adalah sepak bola. Darinya lah lahir berbagai bintang ternama di lapanga hijau dari negara tersebut.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah film dokumenter bernama Narcos. Dalam sinema tersebut, adik Escobar, Luz Maria mengungkapkan bahwa kakaknya tersebut sangat mencintai sepak bola.

Jasa Pablo Escobar saat itu membuat beberapa lapangan sepak bola dan menginvestasikan sebagian hartanya untuk membangun olahraga satu ini pada dekade 80 an.

Nama-nama legenda seperti Alexis Garcia, Chicho Serna, Rene Higuita and Pacho Maturana lahir dari lapangan dan jasanya membangun sepak bola.

Ia juga pernah menjadikan klub sepak bola Atletico Nacional sebagai tempat pencucian uangnya. Saat itu, dengan gelontoran uangnya, klub Kolombia tersebut berhasil memenangi Copa Libertadores untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Kemenangan itu turut dirayakan oleh Pablo Escobar dan mengundang seluruh orang yang berafiliasi dengan tim Nacional datang ke peternakannya untuk merayakan gelar juara dan memberikan hadiah uang tunai bernilai jutaan dolar.

Kecintaan Pablo Escobar terhadap sepak bola turut ia bawa saat ia masuk penjara bernama La Catedral. Tak disangka, penjara itu mampu disulapnya menjadi arena bagi para bintang sepak bola seperti Diego Maradona. Bagaimana kisahnya?